Kamala, Desi Efri (2017) Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian penguatan pada pokok bahasan segitiga kelas VII PI MTs Pondok Pesantren Mardhatillah Tano Ponggol Kecamatan Angkola Barat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar matematika siswa selama proses pembelajaran disebabkan cara yang digunakan guru lebih sering dengan metode ceramah. Sehingga perlu melakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan pemberian penguatan agar siswa ikut aktif dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemberian penguatan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan segitiga di kelas VIIPI MTs Pondok Pesantren Mardhatillah Tano Ponggol Kecamatan Angkola Barat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Pondok Pesantren Mardhatillah Tano Ponggol Kecamatan Angkola Barat. Dengan subjek penelitian kelas VII PI yang berjumlah 28 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Analisis data yaitu analisis data kualitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui pemberian penguatan pada pokok bahasan segitiga di kelas VII PI MTs Pondok Pesantren Mardhatillah Tano Ponggol Kecamatan Angkola Barat. Pada setiap observasi yaitu rata-rata motivasi belajar matematika siswa pada prasiklus 27,82% meningkat pada siklus I 50,3% peningkatan yang terjadi adalah 22,48%, rata-rata motivasi belajar matematika siswa siklus I 50,3% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 73,89% peningkatan yang terjadi adalah 23,59%. Sedangkan peningkatan yang terdapat dalam angket adalah dilihat dari rata-rata motivasi belajar matematika siswa pada siklus I 68,93% meningkat padas iklus II dengan rata-rata 76,07% peningkatan yang terjadi adalah 7,14%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Lelya Hilda dan Almira Amir |
Keywords: | Pemberian penguatan; motivasi; segitiga |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 03:27 |
Last Modified: | 13 Aug 2020 03:29 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4285 |
Actions (login required)
View Item |