Kholilah, Ummu (2017) Upaya guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kenakalan siswa di MAS Al-Junaidiyah Kampung Lamo Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 310 0162.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan melihat kenakalan ringan yang terlihat di lapangan yakni tidak patuh pada guru, lari atau bolos dari sekolah, berkelahi di lingkungan sekolah, berpakaian tidak pantas/tidak sopan, bergaul dengan orang yang memberi pengaruh buruk, ketemuan dengan lawan jenis/pacarnya di lingkungan sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana, apa, mengapa ada upaya dilakukan untuk mengatasai kenakalan siswa di MAS Al –Junaidiyah Kampung lamo puncak sorik marapi?, sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran, jenis, dan alasan guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya mengatasi kenakalan siswa di MAS Al-Junaidiyah Kampung lamo. Kegunaan penelitian ini adalah bagi peneliti untuk menambah pengetahuan, pengalaman dan wawasan berfikir kritis guna melatih kemampuan penulis, bagi sekolah yang diteliti dapat digunakan sebagai masukan dan bahan pertimbangan mengambil kebijakan dalam rangka mengantisipasi adanya kenakalan siswa, sebagai bahan perbandingan kepada peneliti lain yang meneliti dan membahas pokok yang sama Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Pendidikan Agama Islam. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan guru pendidikana agama islam dan kenakalan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam, dengan pelengkap kepala sekolah, guru lainnya dan dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Analisis yang digunakan adalah menelaah seluruh data, kemudian menafsirkan data, selanjutnya membuat kesimpulan dengan merangkum urain dalam kalimat yang singkat dan padat. Penelitian ini menunjukkan bahwa: Gambaran upaya yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kenakalan siswa adalah dengan cara preventif (menyeleksi siswa saat pendaftaran, melakukan razia, mengadakan kegiatan diluar sekolah), dan tindakan represif (pemberian nasehat, hukuman, kunjungan kerumah, mengadakan pendekatan agama). Selanjuntya tindakan kuratif (merevisi akibat perbuatan nakal siswa, kemudian memperbaiki tingkah laku dengan pembinaan dan pendidikan secara khusus). (2) Jenis-jenis Upaya yang yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kenakalan siswa adalah dengan ceramah, melalui pendidkan agama islam, memberikan nasehat, pendekatan bimbingan.(2) Alasan upaya guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kenakalan siswa adalah meningkatkan prestasi siswa, membentuk kepribadian siswa, supaya anak ingat tujuan hidupnya dan mengurangi dampak negatif dari kenakalan siswa dan membina akhlak menjadi perilaku terpuji.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra.Hj.Tatta Herawati Daulae,M.A dan Hamka,M.Hum |
Keywords: | Upaya guru PAI, Kenakalan siswa |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 19 Aug 2020 04:37 |
Last Modified: | 19 Aug 2020 04:37 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4277 |
Actions (login required)
View Item |