Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Metode pembelajaran nahwu shorof di pondok pesantren Musthafawiyah Desa Purba Baru Kecamatan Lembah Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal

Lubis, Abdullah Sani (2017) Metode pembelajaran nahwu shorof di pondok pesantren Musthafawiyah Desa Purba Baru Kecamatan Lembah Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0167.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Secara umum pembahasan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran Nahwu Shorof kelas I santri di pondok pesantren Musthafawiyah dan untuk mengetahui kesesuaian metode penggunaan metode tersebut dengan pembelajaran Nahwu Shorof kelas I santri pondok pesantren Musthafawiyah. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Apa saja metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Nahwu Shorof di pondok pesantren Musthafawiyah (2) Bagaimana kesesuaian Metode yang digunakan oleh guru bagi santri kelas I pondok pesantren Musthafawiyah. Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui metode pembelajaran Nahwu Shorof kelas I santri di pondok pesantren Musthafawiyah (2) Untuk menegetahui bagaimana kesesuaian metode, pembelajaran Nahwu Shorof bagi santri kelas I di pondok pesantren Musthafawiyah. Kegunaan penelitian ini: (1) Secara teoritis, Sebagai bahan pengetahuan sejauh mana peranan metode dan materi pembelajaran dalam menentukan keberhasilan dalam pelajaran Nahwu Shorof (2) Secara Praktis, dapat mengetahui metode apa saja yang dilakukan dalam pembelajaran Nahwu Shorof. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Nahwu dan Shorof dan ilmu metodologi penelitian. Sehubung dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan ilmu-ilmu tersebut (aspek-aspek atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut). Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Artinya menggambarkan semua apa yang ada dilapangan terkait dengan Metode Pembelajaran Nahwu Shorof di pondok pesantren Musthafawiyah. Metode pembelajaran Nahwu Shorof yang digunakan guru dalam menyampaikan materi dikatakan bervariasi, mulai dari metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, dan demonstrasi. Selain guru menggunakan metode dalam menyampaikan materi, kakak kelas santri pondok pesantren Musthafawiyah juga ikut berperan aktif dalam program Mudzakaroh yang di sponsori oleh organisasi daerah masing-masing. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan setelah sholat maghrib, dalam kegiatan tersebut biasanya untuk pelajaran yang akan dibahas ilmu Nahwu, sedangkan ilmu Shorof dilakukan setela Sholat Subuh. Kesesuaian metode pembelajaran Nahwu Shorof terhadap materi juga terhadap santri sudah sesuai tapi belum sepenuhnya sempurna, karena salah satu penyebabnya karena tingkat pemahaman seorang anak itu berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis,S.Ag.,M.Pd dan H.Akhiril Pane,S.Ag.,M.Pd
Keywords: Metode pembelajaran nahwu shorof
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040901 'Ilmu al-Nahw (Arabic Syntax and Grammar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 19 Aug 2020 04:44
Last Modified: 19 Aug 2020 04:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4276

Actions (login required)

View Item View Item