Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

Ardiana, Eva (2017) Persepsi siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0134.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Maka muncul ruamusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah pembelajaran pendidikan agama Islam dalam kegiatan Estrakulikuler di SMP Negeri 2 Panyabungan. 2) Persepsi siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam dalam kegiatan ekstrakurikuler. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Panyabungan. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui pembelajaran pendidikan agama Islam dalam kegiatan estrakulikuler di SMP Negeri 2 Panyabungan. 2) Untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam dalam kegiatan ekstrakurikuler. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam dalam kegiatan ekstrakurikuler. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu metode yang menggambarkan objek sesuai apa adanya. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumen. Sumber data yang diambil adalah siswa, kepala sekolah, guru PAI SMP Negeri 2 Panyabungan. Berdasarkan studi pendahuluan di atas peneliti menyimpulkan dari hasil wawancara, dan observasi pada siswa khususnya kelas VII-3 mengatakan bahwa persepsi siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal kurang baik, sehingga pembelajaran pendidikan agama Islam dinomorduakan atau kurang menarik untuk diminati oleh siswa. Hal ini terjadi diakibatkan kegiatan ekstrakurikuler pada pembelajaran agama Islam siswa dituntut agar menghapal jus 30 sehingga Dan adapun kegiatan ini mereka laksanakan atas faktor dukungan para orang tua yang lebih mendukung pembelajaran pendidikan umum dibanding pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Abdul Sattar Daulay dan Akhiril Pane
Keywords: pendidikan Islam; ekstrakurikuler
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:19
Last Modified: 12 Aug 2020 04:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4270

Actions (login required)

View Item View Item