Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 2 Sibolga

Pasaribu, Kamrul (2019) Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 2 Sibolga. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1723100216.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Salah satu upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan internalisasi nilai-nilai karakter kepada siswa melalui kegiatan keagamaan yaitu melalui pembiasaan kegiatan keagamaan. Diantara keagamaan yang dikerjakan adalah shalat zhuhur berjama’ah, shalat dhuha, gemar membaca, dan kegiatan hari-hari besar Islam. Secara eksplisit pembiasaan ini meniscayakan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada diri siswa. Adapun rumusan masalah penelitian ini, apa saja nilai pendidikan karakter yang terinternalisasi di SMA Negeri 2 Sibolga? Bagaimana internalisasi nilai pendidikan karakter di SMA Negeri 2 Sibolga? Bagaimana problematika internlisasi nilai pendidikan Karakter di SMA Negeri 2 Sibolga?. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena-fenomena yang terjadi dan menganalisisnya dengan logika ilmiah induktif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Tahap analisis data tersebut mencakup data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Adapun kegiatan internalisasi nilai pendidikan karakter di SMA Negeri 2 Sibolga adalah melalui kegiatan keagamaan shalat jamaah, shalat dhuha, doa belajar, kegiatan salaman, dan kegiatan hari-hari besar ummat Islam, gemar membaca, dan pelaksanaan upacara. Nilai-nilai Pendidikan karakter yang diinternalisasikan di SMA Negeri 2 Sibolga adalah ketekunan keagamaan, kejujuran, kebersamaan, kerja keras. tanggung jawab, peduli lingkungan, nilai relijius, cinta tanah air dan toleransi beragama. Adapun tujuan nilai relijius agar anak dapat mempraktekkan keagamaaan dan membiasakannya. sekaligus tekun melaksanakan nilai toleransi beragama, di SMA Negeri 2 Sibolga dapat tanamkan dengan baik agar semua siswa-siswi yang beragama Islam, merasa dekat satu sama lain, adapun bentuk kebersaman yang dapat menyentuh hati bagi siswa muslim memeliki toleransi beragama di SMA Negeri 2 Sibolga. Adapun problematika guru menginternalisasi nilai-nilai karekter di SMA Negeri 2 Sibolga adalah minimnya pengetahuan siswa tentang agama, sehingga menjalankan keagamaan dengan asal-asalan, kurangnya doronagan orang tua, keterbatasan fasilitas, pengaruh lingkungan yang banyak mewarnai siswa di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. dan Dr. Anhar, M.A.
Keywords: Pendidikan karakter
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 11 Aug 2020 08:40
Last Modified: 11 Aug 2020 08:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4243

Actions (login required)

View Item View Item