Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam di IAIN Padangsidimpuan

Simanjuntak, Juita Rahmi (2014) Hubungan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam di IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
Juita Rahmi Simanjuntak full-dikompresi.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Pemanfaatan Perpustakaan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam di IAIN Padangsidimpuan, yaitu suatu tentang pemanfaatan perpustakaan yang dilakukan oleh mahasiswa dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar mahasiswa di IAIN Padngsidimpuan.dengan demikian masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar mahasiswa di IAIN Padangsidimpuan. Sejalan dengan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar mahassiwa jurusan pendidikan Agama Islam di IAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatip, dan menggunakan metode ex-post facto,dengan desain kausalitas, populasi dalam penelitian ini berjumlah 944 orang, dan sampelnya berjumlah 95 orang diambil dari semester dua sampai dengan semester delapan, dan tehnik pengambilan sampelnya adalah stratified random sampling, cluster random sampling dan teknik random sampling. Untuk pengumpulan datanya dibutuhkan riset dilapangan ,instrument pengumpulan datanya dengan menggunakan angket dan dokumentasi, pengolahan datanya dilaksanakan dengan pengolahan kuantitatip, selanjutnya dilakukan analisa data dengan menggunakan rumus statistik dalam bentuk korelasi product moment dan persaman regrsi linier. Tingkat pemanfaatan perpustakaan tergolong rendah yaitu 26,05%, sedangkan prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan agama islam di IAIN Padangsidimpuan tergolong cukup terdapat pada 23 % dan interval indeks prestasinya adalah 3,1-3,2. Hipotesis yang berbunyi ada hubungan yang signifikan antara Pemanfaatan Perpustakaan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam di IAIN Padangsidimpuan.dengan melihat tabel berdasarkan jumlah sampel 95 pada tarap signifikansi 5%, maka ditemukan rtabel nya 0,202 dan pada tarap signifikan 1% ditemukan 0,261. Maka rxy= 0, 449> dari rtabel 0,202.dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara hubungan Pemanfaatan Perpustakaan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam di IAIN Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Perpustakaan; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Yusri Fahmi
Date Deposited: 09 Mar 2020 10:13
Last Modified: 21 Apr 2020 05:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/42

Actions (login required)

View Item View Item