Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kemampuan membaca Alquran dengan penerapan metode al-Barqy mahasantriah Ma’had al-Jamiah IAIN Padangsidimpuan tahun akademik 2018/2019

Khoiriyah, Saqdiatul (2019) Peningkatan kemampuan membaca Alquran dengan penerapan metode al-Barqy mahasantriah Ma’had al-Jamiah IAIN Padangsidimpuan tahun akademik 2018/2019. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1723100206.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca alquran mahasantriah Ma’had al-Jami’ah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan Tahun Akademik 2018/2019. Mahasantriah masih ada yang belum bisa membaca huruf hijaiyah bersambung berharakat fathah, kasroh, dhommah, tanda panjang (mad), dan hukum nun mati (ijhar) dengan benar. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan metode al-Barqy pada proses pembelajaran alquran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kemampuan membaca alquran mahasantriah Ma’had al-Jami’ah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan pra siklus. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca alquran mahasantriah Ma’had al-Jami’ah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan pra siklus dengan metode al-Barqy. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasantriah Ma’had al-Jamiah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan Tahun Akademik 2018/2019 yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini menggunakan III siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian diperoleh dari observasi dan tes performance yang dilaksanakan disetiap akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca alquran mahasantriah yang tuntas pra siklus sejumlah 6 orang dari 25 orang atau 24 %. Pada siklus I setelah diterapkan metode al-Barqy pertemuan pertama meningkat menjadi 10 orang dari 25 orang menjadi 40 %. Pada pertemuan kedua meningkat lagi menjadi 11 orang dari 25 orang atau 44%. Pada siklus II pertemuan pertama kemampuan membaca alquran mahasantriah terus meningkat menjadi 15 dari 25 atau 60 %. Pada pertemuan kedua semakin meningkat menjadi 16 orang mahasantriah dari 25 orang atau 64 %. Pada siklus III pertemuan pertama kemampuan membaca alquran terus meningkat menjadi 19 orang dari 25 orang atau 76 %. Pada pertemuan kedua semakin meningkat menjadi 24 orang dari 25 orang atau 96 %. Hal ini sesuai dengan intervensi tindakan yang diharapkan yaitu tujuh puluh lima persen (75%) Tuntas Belajar Klasikal (TBK) dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar ≥70 dalam pelajaran Qiroatul Kutub. Dengan demikian hipotesis tindakan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A.
Keywords: Kemampuan membaca Alquran; metode al-Barqy
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:37
Last Modified: 11 Aug 2020 02:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4189

Actions (login required)

View Item View Item