Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa SMP Negeri 4 Siabu Simangambat Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal

Asikoh, Nur (2017) Strategi guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa SMP Negeri 4 Siabu Simangambat Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 310 0165.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah peraturan di SMP NEGERI 4 Siabu Simangambat sudah diterapkan bahkan ketika apel pagi sering guru memberi nasehat supaya berkelakuan baik dan harus mematuhi peraturan-peraturan yang telah di tetapkan, masuk lokal pada waktunya tidak boleh alpa dalam lokal akan tetapi bagaimana dengan siswa yang sesuai dengan umur yang bertambah dan berfikiran negatif banyak menyalah gunakan waktu dan tingkah laku yang kurang mencerminkan kurang baik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa SMP Negeri 4 Siabu Simangambat Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal, apakah faktor penyebab kenakalan siswa SMP Negeri 4 Siabu Simangambat Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal, apa sajakah kendala yang di hadapi oleh guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa SMP Negeri 4 Siabu Simangambat Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Maka Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kenakalan siswa, untuk mengetahui faktor penyebab kenakalan siswa, untuk mengetahui apakah kendala yang dihadapi guru dalam mengatasi kenakalan siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif. Dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan skunder, kemudian instrument data yang dipakai adalah wawancara, observasi, Jika dilihat dari metodenya penelitian ini adalah penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya dan berusaha menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek atau subjek yang diteliti secara tepat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwas trategi yang dilakukan strategi guru dalam mengatasi kenakalan siswa yaitu dengan memberikan bimbingan, mengadakan sholat berjama’ah, memberikan siraman rohani, memberikan hukuman. Faktor penyebab kenakalan siswa SMP Negeri 4 Siabu Simangambat yakni: faktor keluarga, faktor lingkungan, terlambat bangun/rumah yang jauh. Kendala yang di hadap oleh guru pendidikan agama Islam adalah walaupun sering di nasehati tetapi masi ada siswa yang melanggar peraturan, melakukan kenakalan, dan apabila di tegor masi membangkang akan tetapi bagaimana dengan siswa yang sesuai dengan umur yang bertambah dan berfikiran negative banyak meyalah gunakan waktu dan tingkah laku yang kurang mencerminkan kurang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.Samsuddin,M.Ag dan Erna Ikawati,M.Pd
Keywords: Strategi guru PAI, Kenakalan siswa
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 10 Aug 2020 08:49
Last Modified: 10 Aug 2020 08:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4156

Actions (login required)

View Item View Item