Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Kotanopan

Parinduri, Juni Raisyah (2017) Upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Kotanopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0144.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMP Negeri 2 Kotanopan bahwa kenyataan yang terjadi dilapangan masih jauh dari harapan-harapan yang ada.Masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami dan menerima materi yang dijelaskan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kotanopan, untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kotanopan. Metode penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan riset dilapangan, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara yang ditujukan kepada kepala sekolah dan guru PAI serta observai kegiatan guru PAI. Analisis data yang digunakan dengan cara menyusun data secara sistematis dan mengorganisasikannya kemudian menyeleksi dan mendeskripsikan serta menarik kesimpulan dengan cara induktif, yaitu dari suatu masalah yang sifatnya khusus disampaikan bersifat umum. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat dikemukakan bahwa upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan proses belajar siswa masih kurang, adapun Upaya yang dilakukan Guru untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Di SMP Negeri 2 kotanopan: menarik minat dan perhatian siswa, menjelaskan pentingnya bahan pelajaran tersebut, memberikan tugas/PR, memberi peniain, memberi hadiah,memberi ulangan, dalam mewujudkan peserta didik yang berprestasi, karena guru pendidikan agama Islam masih jauh dari harapan yang ada, untuk itu sebagian besar siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami dan menerima yang dijelaskan oleh guru. Dalam menempuh suatu usaha tidak luput dari hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam proses pelaksanaan kegiatan belar mengajar tentu harus didukung oleh beberapa hal seperti guru,materi, muridsarana dan prasarana serta lingkungan. Masih banyak siswa yang tidak mementingkan pelajaran karena mereka menganggap sekolah itu hanya formalitas saja, dalam hal mengulang pelajaran siswa yang tidak mengulang pelajaran di rumah disebabkan rasa malas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj.Zulhimma,S.Ag.,M.Pd dan Drs.H.Abdul Sattar Daulay,M.Ag
Keywords: Guru pendidikan agama Islam, Prestasi belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 10 Aug 2020 09:31
Last Modified: 10 Aug 2020 09:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4151

Actions (login required)

View Item View Item