Hasibuan, Maulida (2017) Peningkatan hasil belajar siswa dengan metode Card Sort pada pembelajaran PAI materi pokok Asma’ul Husna di Kelas II SD Tandihat Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 310 0145.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal Asma’ul Husna dalam pelajaran PAI. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah sistem pembelajaran di sekolah masih menggunakan metode konvensional atau metode ceramah yang pembelajarannya monoton berpusat pada guru, sehingga hal tersebut membuat siswa jadi pasif dan kurang termotivasi untuk belajar. Maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “apakah metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI materi pokok Asma’ul Husna di kelas II SD Tandihat Kecamatan Angkola Selatan Kabupatan Tapanuli Selatan”. Selain guru, metode adalah salah satu komponen penting yang sangat menentukan tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar setelah menerapkan metode card sort pada pembelajaran PAI materi pokok Asma’ul Husna di kelas II SD Tandihat Kecamatan Angkola Selatan Kabupatan Tapanuli Selatan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka teori yang digunakan yaitu teori untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Asma’ul Husna dengan penggunaan metode card sort pada siswa kelas II SD Tandihat Kecamatan Angkola Selatan Kabupatan Tapanuli Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SD Tandihat Kecamatan Angkola Selatan Kabupatan Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017 yang terdiri dari 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan dan 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Tandihat yang berjumlah 20 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI dalam materi mengenal Asma’ul Husna dapat meningkat melalui penerapan metode card sort. Pada siklus 1 pertemuan ke-1 siswa yang tuntas 8 orang (40%), dengan nilai rata-rata siswa 59. Pada siklus II pertemuan ke-2 siswa yang tuntas 12 orang (60%), dengan nilai rata-rata siswa 71. Selanjutnya pada siklus III pertemuan ke-3 siswa yang tuntas 16 orang (80%), dengan nilai rata-rata siswa 80. Dengan peningkatan yang diperoleh maka penelitian dapat dihentikan sampai pada siklus III.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra.Asnah,M.A dan Hamidah,M.Pd |
Keywords: | Metode Card Sort, Hasil belajar |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 02:57 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 02:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4138 |
Actions (login required)
View Item |