Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh komunikasi guru terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa aliyah di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Huta Padang Padangsidimpuan

Novandri, Rahmat Tri (2017) Pengaruh komunikasi guru terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa aliyah di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Huta Padang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana hasil belajar akidah akhlak siswa aliyah kelas XI dan XII di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Huta Padang Padangsidimpuan, bagaimana komunikasi guru akidah akhlak di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Huta Padang Padangsidimpuan, dan apakah ada pengaruh komunikasi guru terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa aliyah kelas XI dan XII di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Huta Padang Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar akidah akhlak siswa aliyah kelas XI dan XII di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Huta Padang Padangsidimpuan, bagaimana bentuk komunikasi guru akidah akhlak siswa aliyah kelas XI dan XII di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Huta Padang Padangsidimpuan, dan apakah ada pengaruh komunikasi guru terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa aliyah kelas XI dan XII di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Huta Padang Padangsidimpuan Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, Instrument pengumpulan data menggunakan angket, pengolahan data dilakukan secara kuantitatif dengan analisis data secara statistik menggunakan rumus product moment dengan sampel sebanyak 41 yaitu 100% diambil dari seluruh siswa aliyah kelas XI dan XII. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi guru terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa aliyah kelas XI dan XII di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Huta Padang Padangsidimpuan, maka data yang diperoleh dianalisis dengan metode kuantitatif dengan rumus regresi sederhana. Berdasarkan pengelolaan data yang dilakuakan, komunikasi guru pada katagori cukup, dengan nilai rata-rata 63,23 kemudian hasil belajar akidah akhlak pada katagori baik dengan nilai rata-rata sebesar 72,80, kemudian hasil uji rxy = 0,591 dengan katagori “sedang/cukup’’ ada hubungan yang signifikan antara komunikasi guru terhadap hasil belajar akidah akhlak, koefesien determinan (KD) 35% hal ini menunjukan bahwa komunikasi guru berkontribusi sebesar 35% terhadap hasil belajar. Persamaan regresi Ŷ = 34,913 + 0,601X artinya setiap perubahan skor komunikasi guru sebesar satu satuan dapat dapat diprediksi skor hasil belajar akidah akhlak akan naik sebesar 0,601 satuan pada arah yang sama, berdasarkan hipotesis dapat data dengan menggunakan fhitung=20,924 > Ftabel=4,09 pada taraf signifigan 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag.
Keywords: Komunikasi Guru; Hasil Belajar; Akidah Akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 10 Aug 2020 02:59
Last Modified: 10 Aug 2020 02:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4123

Actions (login required)

View Item View Item