Aritonang, Sari Rohana (2015) Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar pokok bahasan statistika di kelas XII SMK Negeri 4 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
083300038.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (978kB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran guru merupakan salah satu factor penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Selain dari pengetahuan dalam penguasaan materi guru juga harus mampu memberikan pendekatan guna meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui studi pendahuluan yang peneliti lakukan terhadap sekolah menyatakan bahwa hasil belajar matematika siswa masih rendah yaitu nilai rata-rata kelas sebesar 51,8 dengan KKM 65. Hal ini merupakan masalah yang timbul dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 4 Padangsdimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa sebelum penelitian dan setelah penelitian dengan memberikan pendekatan yaitu pendekatan pendidikan matematika realistic. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan matematika realistic yang signifikan dengan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan model rancangan pre-test and post-test group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 4 Padangsidimpuan sebanyak 151 orang sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas XII Perbankan1 yang berjumlah 30 orang, dan teknik pengambilan sampelnya adalah Cluster Sampling. Instrument penelitian ini adalah tes berbentuk pilihan berganda (multiple choice) yaitu sebanyak 20 butir soal. Sebelum pengujian hipotesis dilaksanakan, terlebih dahulu peneliti menguji persyaratan analisa. Seteah dianalisa, ternyata sampel dari populasi tersebut adalah berdistribusi normal sehingga persyatan analisa terpenuhi. Dalam pengujian hipotesis digunakan uji-t, diperoleh thitung 8,763 dan ttabel 2,042 dengan taraf signifikansi 5% pada tingkat kepercayaan 95%. Jadi hipotesis diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pndekatan matematika realistic terhadap hasil belajar pokok bahasan statistika di kelas XII SMK Negeri 4 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Realistic learning mathematics approach; statistics |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010201 Approximation Theory and Asymptotic Methods 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010405 Statistical Theory |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 14 Apr 2020 09:10 |
Last Modified: | 14 Apr 2020 09:10 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/408 |
Actions (login required)
View Item |