Muliani, Muliani (2017) Upaya guru dalam meningkatkan keterampilan hidup santriyah di Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah Sungai Dua Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 310 0191.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih ada santriyah yang memendam bakatnya sehingga bakat yang ia miliki terkubur karena apabila hendak latihan santriyah masih saja ada yang melakukan hanya sekedar melepas kewajiban saja tidak peduli untuk bisa diaplikasikan dalam kehidupannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru pondok pesantren Al-Mukhtariyah Sungai Dua dalam meningkatkan keterampilan hidup santriyah, apa kendala yang dihadapi guru pondok pesantren Al-Mukhtariyah Sungai Dua dalam meningkatkan keterampilan hidup santriyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru pondok pesantren AlMukhtariyah Sungai Dua dalam meningkatkan keterampilan hidup santriyah, untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru pondok pesantren Al-Mukhtariyah Sungai Dua dalam meningkatkan keterampilan hidup santriyah. Kegunaan penelitian ini adalah Sebagai bahan masukan bagi Mudir dan guru-guru yang lain dalam meningkatkan keterampilan hidup santriyah di pondok pesantren Al-Mukhtariyah Sungai Dua, sebagai bahan masukan untuk santriyah dalam meningkatkan keterampilan yang baik dalam masyarakat. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu keterampilan hidup sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan keterampilan hidup, atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Setelah penelitian ini dilakukan dapat diketahui bahwa keterampilan yang ada di pondok pesantren Al-Mukhtariyah Sungai Dua yaitu komputer, membaca Qur’an, nasyid kaligrafi dan menjahit.Sedangkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan keterampilan hidup santriyah yaitu: Pertama memberi semangat, dorongan, arahan untuk mengenali diri kemana bakat/kecendrungan siswa akan diarahkan. Kedua melatih keterampilan santriyah setiap minggu. Ketiga evaluasi merupakan cara guru untuk melihat apakah santriyah melakukan keterampilan sesuai dengan yang diinginkan oleh guru atau hanya sekedar ikut-ikutan dalam keterampilan hidup tersebut. Dengan cara memberikan tugas atas apa yang telah dipelajari sebelumnya. Dalam meningkatkan keterampilan hidup santriyah guru juga menghadapi beberapa kendala di antaranya pihak pondok pesantren masih memiliki dana yang minim, kurangnya sarana dan prasarana di pondok pesantren AlMukhtariyah Sungai Dua
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A dan H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Keterampilan hidup santriyah; Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 06 Aug 2020 08:08 |
Last Modified: | 06 Aug 2020 08:08 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4075 |
Actions (login required)
View Item |