Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam surah Al-Isra’ ayat 23-25

Pasaribu, Muhammad Donal (2017) Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam surah Al-Isra’ ayat 23-25. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0188.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini bahwa Al-Qur’an merupakankalamAllah SWT yang mu’jiz, yang diturunkankepadaNabiMuhammad SAW danRasulterakhir (Muhammad SAW) melaluiperantaraanMalaikatJibril AlQur’an sebagaisumberutamaajaran agama Islam mencakupajarantentangI’tiqad (keyakinan), akhlak (etika), sejarah, sertaamaliyah (tindakanperaktis). Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah tentang nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Al-Qur’an surah Al-Isra’ ayat 23-25. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Al-Qur’an surah Al-Isra’ ayat 23-25. Data yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah data yang bersifat primer maupun skunder. Sumber data primer adalah data yang diperoleh dari sumber inti yitu Al-Qur’an. Dalam melakukan kajian mengenai suatu ayat, maka jelaslah kalau yang menjadi sumber data primer adalah berasala dari AlQur’an, tepatnya pada Al-Qur’an surah Al-Isra’ ayat 23-25. Data skunder adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber lain yang masih berkaitan dengan masalah penelitian, dan memberi interpretasi terhadap sumber primer. Sumber data skunder dapat berupa kitab-kitab tafsir maupun buku-buku bacaan yang masih relevan dengan pembahasan pembahasan tulisan ini. Dalam menyusun penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang bersifat library research. Library research adalah penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Metode yang digunakan dalam menganalisis tulisan ini adalah metode tafsir tahlili. Metode ini menguraikan makna yang dikandung oleh Al-Qur’an, ayat demi ayat, sesuai dengan urutannya di dalam Al-Qur’an. Uraian tersebut mencakup berbagai aspek yang dikandung ayat ditafsirkan, seperti pengertian kosa kata, konotasi kalimatnya, latar belakang turun ayat, kaitannya dengan ayatayat lain, baik sebelum maupun sesudahnya. Hasil penelitian yang penulis temukan dalam Al-Qur’an surah Al-Isra’ ayat 23-25 yang mana didalamnya terdapat kandungan nilai-nilai pendidikan yang meliputi: (1) Nilai pendidikan perintah, (2) Nilai pendidikan aqidahdanibadah, (3) Nilai pendidikan birrulwalidain (4) Nilaipendidikanlemah lembut, (5) Nilai pendidikan kasih sayang, (6) Nilai pendidikan tawadhu’,(7) Nilai pendidikan pengawasan, (8) Nilai pendidikan kesolehan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H.Nurfin Sihotang, M.A.,Ph.D dan Drs.H.Abdul Sattar Daulay, M.Ag
Keywords: Nilai-nilai pendidikan; Surah Al-Isra’ ayat 23-25
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 06 Aug 2020 07:55
Last Modified: 06 Aug 2020 07:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4073

Actions (login required)

View Item View Item