Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan komunikasi matematika siswa melalui penerapa model SQ3R (Survey, Question, Read, Recite & Review) pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di kelas VIII-2 MTsN Pasar Purbabangun Kec. Portibi

Siregar, Ipah Julailah (2017) Upaya meningkatkan komunikasi matematika siswa melalui penerapa model SQ3R (Survey, Question, Read, Recite & Review) pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di kelas VIII-2 MTsN Pasar Purbabangun Kec. Portibi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan matematika pada pembelajaran matematika di kelas khususnya materi kubus dan balok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII-2 MTs Negeri Pasar Purbabangun setelah mengikuti pembelajaran dengan model SQ3R (Survey, Question, Read, Recite & Review). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-2 MTsN Pasar Purbabangun tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 24 siswa dengan 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan pada setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tahapan yang dilakukan dalam setiap siklus adalah tahap perencanaan (Planning), tindakan (Action), pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflection). Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa pada setiap pertemuan. Pada tes pertemuan-1 Siklus I jumlah siswa yang tuntas 12 siswa dengan persentase ketuntasan 50,00% . Kemudian pada pertemuan-2 meningkat menjadi 15 siswa yang tuntas dengan dengan persentase ketuntasan 62,50%. Setelah dilakukan Siklus II pada pertemuan1 jumlah yang tuntas 18 siswa dengan persentase ketuntasan 75,00% dan pada pertemuan-2 meningkat menjadi 20 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 83,33%.. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite & Review) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII-2 di MTsN Pasar Purbabangun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Model pembelajaran SQ3R; Kemampuan komunikasi matematika siswa; Kubus; Balok
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 06 Aug 2020 03:46
Last Modified: 06 Aug 2020 03:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4060

Actions (login required)

View Item View Item