Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh strategi promosi terhadap volume penjualan tabungan di PT. Bank SUMUT Cabang Pembantu Syariah Panyabungan

Nasution, Zulfahmi (2017) Pengaruh strategi promosi terhadap volume penjualan tabungan di PT. Bank SUMUT Cabang Pembantu Syariah Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 230 0213.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah promosi yang dilakukan oleh PT. Bank SUMUT Cabang Pembantu Syariah Panyabungan tidak maksimal sehingga nasabah yang menabung sedikit dan transaksi yang terjadi lebih sedikit. Rumusan masalah penelitian adalah apakah ada pengaruh strategi promosi terhadap volume penjualan tabungan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi promosi terhadap volume penjualan tabungan. Teori yang digunakan adalah teori strategi promosi terhadap volume penjualan tabungan dimana strategi promosi dilakukan dengan empat jenis promosi, yaitu : advertising, personal selling, sales promotion, dan publicity. Dengan demikian strategi dapat meningkatkan volume penjualan tabungan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dengan jumlah sampel 96 nasabah. Alat analisis yang digunakan adalah uji deskriptif, uji validitas, ujia reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linear sederhana, uji hipotesis (uji t), dan uji R square (r2). Dengan menggunakan program SPSS Versi 21.0. diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan = 6,517+0,478X dan rata R square sebesar 0.472 atau 47,2% variabel strategi promosi mampu menerangkan variabel volume penjualan sedangkan sisanya sebesar 52,8% dipengaruhi variabel lain yang tidak dibahas dalam model ini (tidak diteliti). Hasil penelitian uji hipotesis (uji t) menyatakan bahwa thitung > ttabel (9,164 > 1,985) dan tingkat signifikansi yang diperoleh 0,000 < α (0,14) maka Ha diterima. Artinya strategi promosi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan tabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rosnani Siregar, M.Ag dan Windari,SE.,M.A
Keywords: Strategi Promosi; Volume Penjualan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 06 Aug 2020 03:42
Last Modified: 06 Aug 2020 03:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4059

Actions (login required)

View Item View Item