Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan alat peraga melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung

Pane, Intan Parwati (2017) Pengaruh penggunaan alat peraga melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 5 Padangsidimpuan disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru tidak mampu menciptakan perhatian siswa, antusias siswa dalam mengikuti pelajaran masih rendah, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menjawab persoalan/permasalahan matematika terutama pada materi bangun ruang sisi lengkung yang menyebabkan hasil belajar siswa tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan alat peraga melalui model pembelajaran numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini mengacu kepada teori belajar Jerome S. Bruner yang mengatakan bahwa belajar matematika akan lebih berhasil jika proses pengajaran diarahkan kepada konsep-konsep dan struktur-struktur yang terbuat dalam pokok bahasan yang diajarkan, disamping hubungan yang terkait antara konsep-konsep dan struktur-struktur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen klasik (classical experimental design). Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IX SMP Negeri 5 Padangsidimpuan yang terdiri dari 12 kelas sebanyak 297 siswa, dan untuk sampelnya diambil menggunakan teknik cluster random sampling yaitu sebanyk 48 siswa. Kelas kontrol sebanyak 24 siswa dan kelas eksperimen 24 siswa. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes yang diberikan sebanyak dua kali, yaitu sebelum pretest dan postest. Sedangkan untuk pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung > ttabel yaitu 10,007 > 2,0129. Maka dapat diambil kesimpulan Ho ditolak dan H1 diterima, berarti ada pengaruh yang signifikan antara penerapan alat peraga melalui model pembelajaran numbered heads together terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 5 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si., M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Penggunaan alat peraga; Numbered Heads Together; Bangun ruang sisi lengkung
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 06 Aug 2020 03:39
Last Modified: 06 Aug 2020 03:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4058

Actions (login required)

View Item View Item