Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Swalayan 88 Padangsidimpuan

Ritonga, Hawani (2017) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Swalayan 88 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 230 0181.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah banyaknya toko retail dan swalyan membuat manyarakat semakin kritis dalam memilih tempat perbelanjaan yang mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan demi menciptakan loyalitas pelanggan di kota padangsidimpuan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh yang signifikan anantara kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada swalayan 88 Padangsidimpuan. Dan tujuannya apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen. Pelayanan merupakan tindakan atau perbuatan seseorang atau organisasi untuk memberikan kepuasan sesuai dengan yang diinginkan konsumen. Kualitas pelayanan menjadi suatu keharusan yang harus dilakukan perusahaan supaya mampu bertahan dan tetap mendapat kepercayaan pelanggan. Loyalitas merupakan suatu kesetiaan. Kesetiaan timbul tanpa adanya paksaan ,teteapi timbul dari kesadaran sendiri. Usaha yang timbul untuk menciptakan kepuasan konsumen cenderung mempengaruhi sikap konsumen dan sikap konsumen lebih menekankan pada perilaku konsumen. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif, menggunakan analisis data dengan persamaan regresi linier sederhana dan didukung oleh uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji linearitas. Pengelolaan datanya di bantu dengan program SPSS versi 22.0 penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 97 orang responden sedangkan instrument pengumpulan datanya menggunakan kuesioner (angket). 2 Hasil uji koefisien determinasi (R ) antara kualitas pelayanan (X) dengan loyalitas konsumen (Y) sebesar 0,602 (60,2%) yang artinya kualitas pelayanan mempengaruhi loyalitas konsumen sebesar 60,2 % dan sisanya sebesar 39,8% dipengaruhi faktorlain yang tidak diteliti dalam penelitianini. Sedangkan berdasarkan uji signifikan (uji t) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen dimana thitung > ttabel (11,976 > 0,661) artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rosnani Siregar, M.Ag dan Rini Hayati Lubis, MP
Keywords: Kualitas Pelayanan; Loyalitas Konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 06 Aug 2020 02:57
Last Modified: 06 Aug 2020 02:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4051

Actions (login required)

View Item View Item