Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI MAN Panyabungan

Safriani, Peprita (2017) Upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI MAN Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0227.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa yang rendah, perhatian dan konsentrasi belajar yang kurang maksimal inteligensi siswa yang rendah, serta rendahnya hasil belajar siswa, selain itu juga terdapat kelainan prilaku siswa seperti mengusik teman. Rumusaln masalah, Apa upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa, Apa kendala-kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswakelas XI MAN Panyabungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan Guru, dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI MAN Panyabungan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu Pendidikan Agama Islam sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang bekaitan dengan guru, belajar dan pebelajaran yaitu minat belajar siswa, dengan mengkaji Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Jenis Penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya dan dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni apa adanya sesuai dengan konteks peneliti. dengan menggunakan instrumen pengumpulan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa Upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI MAN Panyabungan adalah dengan menyediakan ruangan yang kondusif dan menyenangkan, bercerita terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran dan melakukan tanyajawab menggunakan metode yang bervariasi gaya mengajar dan selingan, menggunakan variasi suara, dan pindah posisi untuk menarik minat siswa, memberikan Tugas/pr, menggunakan kontak pandang langsung dengan siswa dalam belajar, memberikan penilaian, memberikan hadiah berupa pujian/ganjaran. Kendala-kendala yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI MAN Panyabungan adalah, dalam motivasi, Tingkah Laku Siswa yang Tidak Wajar, dari segi kecerdasan siswa, kurangnya percaya diri siswa, masih banyak siswa yang susah diatur dan mengganggu kawannya ketika belajar. Banyak siswa yang tidak mementingkan pelajaran karena mereka menganggap sekolah hanya formalitas saja dan dalam hal mengulang pelajaran sebagian siswa tidak mengulang pelajaran sesudah pulang sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd
Keywords: Upaya guru pendidikan agama islam; Minat belajar siswa
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 06 Aug 2020 02:56
Last Modified: 06 Aug 2020 02:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4049

Actions (login required)

View Item View Item