Dasopang, Nailan Nikmah (2016) Kreatifitas guru pendidikan agama islam dalam memotivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0187.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Adapun latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu kreatifitas guru akan sulit berkembang apabila kurang didukung oleh seperangkat kebijakan dan program yang jelas dan tararah, dilakukan oleh pihak yang berkompeten, mulai dari tingkat pusat sampai kesatuan pendidikan, karena bisa saja kreatifitas pembelajaran guru kurang muncul karena takut ditegor atasan. Bagaimanakah guru Pendidikan Agama Islam menyediakan waktu dalam memotivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, apa saja kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kreatifitas guru dalam memotivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, apa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu kerangka teori sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kreatifitas guru Pendidikan Agama Islam (aspek-aspek) atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut yaitu pengertian kreatifitas, cirri-ciri kreatifitas, faktor-faktor yang mempengaruhi kreatifitas, Pendidikan Agama Islam, dan kreatifitas guru Pendidikan Agama Islam. Pengertian motivasi belajar, bentuk-bentuk motivasi, fungsi motivasi, indikator motivasi, dan peranan motivasi dalam belajar. Berdasarkan penelitian ini metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengungkapkan dan mengamati gambar empiris kreatifitas guru Pedidikan Agama Islam dalam memotivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Adapun sumber data yang menjadi data penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekundar, sedangkan instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Setelah hasil penelitian ini dilaksanakan bahwa ketika guru Pendidikan Agama Islam menyediakan waktu dalam memotivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan yaitu diadakan dengan kegiatan-kegiatan keagamaan yang sudah ditentukan dengan waktu 90 menit dalam 2 jam pelajaran. Kendala yang di hadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kreatifitas guru dalam memotivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan yaitu terlalu banyak tugas-tugas yang diberikan guru-guru lain sehingga tugastugas mata pelajaran PAI terabaikan. Upaya guru PAI dalam memotivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan yakni siswa itu lebih aktif dalam menggali ataupun menemukan tema-tema pokok pelajaran yang disampaikan, disamping itu guru mengarahkan kepada anak didik perbaikan sikap, mental, moral dan akhlak mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Kreatifitas guru pendidikan agama islam; Motivasi belajar siswa |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 06 Aug 2020 02:36 |
Last Modified: | 06 Aug 2020 02:36 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4041 |
Actions (login required)
View Item |