Nasution, Anita (2017) Strategi pemasaran produk tabungan haji arafah dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Capem Panyabungan Dengan Analisis SWOT. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 230 0050.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatkan jumlah nasabah Produk Tabungan Haji Arafah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Capem Panyabungan dan terjadi kenaikan nasabah pada tahun 2011-2012. Namun pada tahun 2013-2016 jumlah nasabah mengalami penurunan semenjak Tabungan Talangan Haji dihapuskan dan salah satu kendala masyarakat adalah besarnya ongkos naik haji dalam mempromosikan produk Tabungan Haji ini pihak bank melakukan sosialisasi kemasyarakat jadi dengan sosialisasi ini pihak bank menjelaskan tentang produk yang ditawarkan yang mana promosi yang dilakukan yaitu dengan menjelaskan kepada masyarakat dengan bertatap muka atau personal salling. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk Tabungan Haji Arafah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Capem Panyabungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, Threats),dan strategi pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kualitatif. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah Manager, Sub Branch Operasional supervisor, Marketing, Teller, dan custome rservice dan nasabah Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan matrik SWOT menunjukkan bahwa PT. Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Panyabungan memiliki kekuatan yang terdiri dari:, Tabungan Haji Arafah tanpa biaya administrasi, service mengantar calon jemaah Haji, manasik haji gratis, bebas biaya administrasi, asuransi gratis. Kelemahan produk ini terdiri dari: Lamanya daftar tunggu keberangkatan haji, promosi produk masih kurang, sedangkan peluang tabungan ini terdiri dari: Masyarakat yang mayoritas beragama Islam, pertumbuhan pangsa pasar yang semakin tinggi, minat nasabah semakin bertambah untuk menggunakan produk ini, lokasi yang strategis, sedangkan ancaman Produk Tabungan Haji Arafah terdiri dari: Persaingan produk yang semakin ketat, wilayah Kabupaten Mandailing Natal cukup luas. Hasil prosedur analisis terhadap produk Tabungan Haji Arafah adalah berada pada kuadran II (tumbuh dan kembangkan) yang berarti penetrasi pasar jadi produk Tabungan Haji Arafah harus mengusahakan peningkatan pasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr.Ikhwanuddin Harahap,M.Ag dan Utari Evy Cahyani,SP.,M.M |
Keywords: | Strategi,Analisis SWOT |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 06 Aug 2020 02:54 |
Last Modified: | 06 Aug 2020 07:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4034 |
Actions (login required)
View Item |