Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru dalam pembinaan karakter siswa studi pada pondok pesantren Modern Baharuddin Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Drianto, Drianto (2017) Strategi guru dalam pembinaan karakter siswa studi pada pondok pesantren Modern Baharuddin Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0213.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah studi awal menunjukkan guru yang bernama Samaruddin memulai proses belajar mengajar dengan membacakan sholawat harian dalam menyampaikan pelajaran akidah akhlak tentang membiasakan akhlak terpuji. Akan tetapi hal ini belum maksimal untuk membina karakter siswa, sebab masih ada siswa yang membolos sekolah, keluar pesantren tanpa izin dan malas dalam beribadah. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam pembinaan karakter siswa di Pondok Pesantren Modern Baharuddin, apa programprogram yang dilakukan guru dalam pembinaan karakter siswa di Pondok Pesantren Modern Baharuddin, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program-program yang dilakukan sekolah dalam pembinaan karakter siswa di Pondok Pesantren Modern Baharuddin, mengetahui strategi guru dalam pembinaan karakter siswa di Pondok Pesantren Modern Baharuddin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sementara metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Miles dan Hubermain. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi dan wawancara. Metode pengujian keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi yang dilakukan guru dalam pembinaan karakter siswa adalah: strategi pembinaan karakter dengan menggunakan model pembelajaran afektif, strategi pembinaan karakter dengan menggunakan model pembelajaran kuantum (Quantum Teaching), strategi pembinaan karakter dengan menggunakan model pembelajaran inquiry. 2) Program yang diterapkan guru dalam pembinaan karakter siswa, yaitu: malam bina iman dan taqwa (mabit), pengajian kelas, kegiatan pembinaan keputrian, mentoring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.H.Irwan Saleh Dalimunthe.M.A dan Anhar,M.A
Keywords: Strategi guru, Pembinaan karakter
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 06 Aug 2020 03:58
Last Modified: 06 Aug 2020 03:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4026

Actions (login required)

View Item View Item