Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbandingan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dan pendekatan Kontekstual pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs.S Islamiyah Padanggarugur

Tanjung, Nurhaida (2017) Perbandingan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dan pendekatan Kontekstual pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs.S Islamiyah Padanggarugur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0106.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang pelaksanaan penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi lingkaran, kurangnya keberanian siswa untuk bertanya kepada guru mengenai materi yang belum dipahami, rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal dilihat dari nilai ulangan khususnya pada materi lingkaran serta penyampaian materi yang kurang bervariasi. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa yaitu melalui penggunaan pendekatan pendidikan matematika realistik dan pendekatan kontekstual. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran yang diajarkan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. Bagaimanakah gambaran hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran yang diajarkan menggunakan pendekatan kontekstual. Apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik dan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik dan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparasi dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs.S Islamiyah Padanggarugur yaitu sebanyak 59 orang yang terdiri dari kelas VIII – A (29 orang) dan VIII- B (30 orang) sekaligus menjadi sampel. Instrument dalam penelitian ini yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes berbentuk pilihan berganda. Dalam pengujian hipotesis digunakan uji-t diperoleh nilai yaitu dengan taraf signifikan 5 % pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan nilai rata-rata pendeketan pendidikan matematika realistik adalah 74,83 dan nilai rata-rata pendeketan kontekstual adalah 73,97. Hal ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik dan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VIII MTs S Islamiyah Padanggarugur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Dr. Lelya Hilda, M.Si
Keywords: Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik; Pendekatan Kontekstual; Lingkaran
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:53
Last Modified: 05 Aug 2020 04:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4003

Actions (login required)

View Item View Item