Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengamalan ibadah sholat siswa di Sekolah Luar Biasa Negeri Panyabungan

Irhamni, Irhamni (2017) Pengamalan ibadah sholat siswa di Sekolah Luar Biasa Negeri Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0139.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini bahwa pada mulanya siswa yang menyandang tunagrahita ringan adalah siswa yang jauh berbeda di bawah rata-rata siswa yang normal seusianya sendiri lambat dalam pemikiran, pemahaman, ingatan, emosi, fisik dan mental yang jauh berbeda sehingga menimbulkan permasalahan di dalam pengamalan ibadah sholat siswa yang menyandang tunagrahita ringan, maka dari sinilah muncul penanggulangan melalui pengamalan ibadah sholat siswa Sekolah Luar Biasa Negeri Panyabungan Mandailing Natal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengamalan ibadah sholat siswa di Sekolah Luar Biasa Negeri Panyabungan, Apasaja metode guru dalam mengajarkan pelajaran sholat bagi siswa tunagrahita ringan siswa di Sekolah Luar Biasa Negeri Panyabungan, Apa faktor penghambat pengamalan shalat siswa tunagrahita ringan di Sekolah Luar Biasa Negeri Panyabungan Tujuan penelitian ini adalah bagaimana Pengamalan ibadah sholat siswa tunagrahita ringan di Sekolah Luar Biasa Negeri Panyabungan, Metode guru dalam mengajarkan pelajaran shalat anak tunagrahita ringan di Sekolah Luar Biasa Negeri Panyabungan, Faktor penghambat pengamalan ibadah sholat siswa tunagrahita ringan di Sekolah Luar Biasa Negeri Panyabungan. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang menggambarkan fenomena dan kejadian yang terjadi di lapangan, dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode obsevasi, wawancara, dan dokumentasi di Sekolah Luar Biasa Negeri Panyabungan Mandailing Natal. Berdasarkan hasil penelitian ini, bahwasanya pengamalan ibadah sholat siswa tunagrahita ringan itu belum maksimal dan sempurna apalagi dengan bacaannya belum sesuai dengan yang diharapkan guru PAI. Adapun metode guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajarkan ibadah sholat adalah dengan metode drill/latihan, metode pembiasaan, metode peraktek, metode eksperimen, dan Faktor penghambat pengamalan ibadah sholat siswa adalah faktor dari diri sendiri, faktor dari kurangnya perhatian orangtua, faktor lingkungan masyarakat, dan faktor dari pemerintahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Pengamalan Ibadah Sholat; Sekolah Luar Biasa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 06 Aug 2020 02:34
Last Modified: 06 Aug 2020 02:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3971

Actions (login required)

View Item View Item