Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Keterampilan mengajar guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Panyabungan Selatan

Zubaidah, Zubaidah (2017) Keterampilan mengajar guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Panyabungan Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0165.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Adapun latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan agama Islam siswa merasa bosan, acuh, kurang termotivasi sehingga tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran disebabkan kurangnnya keterampilan guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif, kondusif dan menyenangkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana keterampilan mengajar guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Panyabungan Selatan? Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan mengajar guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Panyabungan Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dan berdasarkan jenis penelitian, penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggunakan fenomena-fenomena yang terjadi secara fakta dan menganalisisnya dengan logika ilmiah. Informen dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dan siswa kelas XI IPS1 di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Panyabungan Selatan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan obervasi. Analisis data digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif yaitu suatu analisis yang tidak menguji hipotesis tertentu tetapi menggambarkan apa adanya tentang suatu gejala atau peristiwa. Dari penelitian yang dilaksanakan, maka diperoleh hasil bahwa keterampilan mengajar guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Panyabungan Selatan membuat siswa acuh terhadap pelajaran pendidikan agama Islam sehingga tujuan dari pembelajaran tidak tercapai hal ini dilihat dari ketidaksanggupan guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan komponen keterampilan bertanya seperti: pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat dan pemindahan giliran. Komponen keterampilan memberi penguatan seperti: penguatan verbal dan non verbal. Komponen keterampilan mengadakan variasi seperti: variasi mimik dan gerak, perubahan posisi, kesenyapan dan variasi media belajar. Dan komponen keterampilan mengelola kelas seperti: membagi perhatian, mengelola diskusi dan memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Asfiati, M.Pd dan Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag
Keywords: Keterampilan Mengajar Guru; Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 06 Aug 2020 08:34
Last Modified: 06 Aug 2020 08:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3966

Actions (login required)

View Item View Item