Martondi, Ahmad Zuhdi (2017) Efektivitas kegiatan baca al-qur’an antara maghrib dan isya di Mesjid Al-Munawwar Kelurahan Pijor Koling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 310 0171.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah masalah efektivitas kegiatan baca Al-Qur’an antara maghrib dan isya di mesjid Al-Munawwar kelurahan Pijor Koling kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Masalah dalam penelitan ini bagaimana keefektifan kegiatan baca Al-Qur’an di mesjid Al-Munawwar Kelurahan Pijor Koling, Apa tujuan diadakannya kegiatan membaca Al-Qur’an di mesjid Al-Munawwar, serta bagaimana dampak yang timbul dari kegiatan baca Al-Qur’an di Kelurahan Pijor Koling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan kegiatan baca Al-Qur’an di mesjid Al-Munawwar Kelurahan Pijor Koling, mengetahui tujuan diadakannya kegiatan membaca Al-Qur’an di mesjid Al-Munawwar serta untuk mengetahui dampak yang timbul dari kegiatan baca Al-Qur’an di Kelurahan Pijor Koling dan kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi orang-orang yang bertempat tinggal di Kelurahan Pijor Koling tentang efektifitas kegiatan baca Al-Qur’an di mesjid Al-Munawwar dan sebagai penambah wawasan penulis. Penelitian ini membahas tentang efektivitas kegiatan baca Al-Qur’an sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori mengenai pengertian Al-Qur’an, cara Al-Qur’an diturunkan dan diwahyukan, keistimewaan Al-Qur’an, garis-garis besar isi kadungan Al-Qur’an, keutamaan membaca Al-Qur’an, hikmah membaca Al-Qur’an dan pengertian efektivitas. Penelitian ini termasuk peneletian kulitatif, dengan pendekatan deskriptif (lapangan) bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan akurat. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana kegiatan baca Al-Qur’an antara maghrib dan isya di mesjid Al-Munawwar kelurahan Pijor Koling kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Instrumen penelitian ini adalah dengan menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kegiatan baca Al-Qur’an antara maghrib dan isya di mesjid Al-Munawwar sangat efektif. Hasil pengamatan yang dilakukan penulis dari kegiatan itu, ada efeknya, akibatnya, pengaruhnya, ada keberhasilannya bagi para jama’ah yang mengikuti kegiatan baca Al-Qur’an antara maghrib dan isya mulai diberlakukan. Dan dari segi tujuan yaitu untuk membentuk kepribadian berdasarkan Al-Qur'an dan mencegah kerusakan moral khususnya bagi remaja yang selalu aktif dalam kegiatan ini, sebagai tempat pembinaan, bimbingan dan media kegiatan belajar mengajar Al-Qur'an di mesjid Al-Munawwar, sebagai wadah dan media untuk saling berdiskusi dan komunikasi, khususnya dalam bidang keagamaan dan kajian keagamaan, bagi anak-anak, remaja Pijor Koling untuk meminimalisir pengaruh negatif dari media elektronik, dan untuk mewujudkan masyarakat Pijor Koling yang gemar membaca Al-Qur'an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A |
Keywords: | Kegiatan Baca Al-Qur’an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 06 Aug 2020 08:34 |
Last Modified: | 06 Aug 2020 08:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3965 |
Actions (login required)
View Item |