Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model make-a match terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTsN 2 Padangidimpuan

Novita, Yeni (2015) Pengaruh model make-a match terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTsN 2 Padangidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113300044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menjawab soalsoal yang diberikan oleh guru pada pokok bahasan lingkaran sub pokok bahasan unsur-unsur lingkaran, keliling dan luas lingkaran. Siswa tidak memiliki konsep dasar lingkaran yang memadai serta pemahaman yang kurang. Hal inilah yang menyebabkan hasil belajar siswa pada tingkat kognitif, afektif dan psikomotorik masih tergolong rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana gambaran penggunaan model make-a match pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan, bagaimana gambaran hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan, serta apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model make-a match terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan. Dari rumusan masalah tersebut yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penggunaan model make-a match pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan, gambaran hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan, dan pengaruh yang signifikan antara model make-a match terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan. Upaya yang dilakukan peneliti dalam menyelesaikan permasalahan di atas adalah dengan menerapkan model make-a match. Model make-a match dirancang sedemikian rupa untuk dapat menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotrik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pre Test Post Test Design. Sampel penelitian yaitu di kelas VIII2 dengan jumlah siswa 33 orang, dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk multiple choice, angket dan lembar observasi kegiatan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data secara deskriptif dan analisi data inferensial. Hasil deskripsi data gambaran penggunaan model make-a match terlihat 63,6% siswa berada di atas rerata, yang menunjukkan dalam kategori tinggi respon siswa, untuk gambaran tingkah laku siswa atau aktifitas yang dilakukan siswa selama proses pembelajaran menggunakan model make-a match terlihat sebesar 77,06% juga ix termasuk kategori tinggi. Dan untuk gambaran hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran sebelum diberikan perlakuan hanya 10 siswa atau 30,3% yang berada di atas rerata, sedangkan setelah diberikannya perlakuan meningkat menjadi 20 siswa atau 60,6%. Sebesar 30,3% peningkatan yang terjadi terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan setelah diberikannya perlakuan dengan menggunakan model makea match. Untuk hasil uji persyaratan analisis data diperoleh kelas sampel peneliti berdistribusi normal yang kemudian dilanjutkan dengan perhitungan tes rata-rata untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil uji-t diperoleh thitung (23,449) > ttabel (2,042) maka penolakan H0 dan diterima Ha, artinya dapat dismpulkan bahwa penelitian ini terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan model make-a match terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Model Make-A Match; Hasil Belajar Matematika; Pokok Bahasan Lingkaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 06 Aug 2020 08:32
Last Modified: 06 Aug 2020 08:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3963

Actions (login required)

View Item View Item