Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Metode pembinaan pendidikan moral (Studi di SMA Nurul ‘Ilmi Kota Padangsidimpuan)

Nst, Robiatul Adawiah (2014) Metode pembinaan pendidikan moral (Studi di SMA Nurul ‘Ilmi Kota Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang masalah pokok yaitu Metode Pembinaan Pendidikan Moral (Studi di SMA Nurul ‘Ilmi Kota Padangsidipuan). Masalah moral adalah masalah yang dewasa ini sangat banyak minta perhatian, terutama dari pendidik, alim-ulama, pemuka masyarakat dan orang tua.Ada dua sistem pendidikan di YPI Nurul ‘Ilmi yaitu Boarding Schools dan Fulldays Schools. Dari uraian ini, muncullah IdeBagaimana Metode Pembinaan Pendidikan Moral siswa di SMA Nurul ‘Ilmi, Apa Faktor Pendukung dalam Pelaksanaan Pendidikan Moral siswa di SMA Nurul ‘Ilmi, Apa saja Hambatan yang dihadapi dalam Pelaksanaan Pendidikan Moral di SMA Nurul ‘Ilmi. Upaya-upaya yang dilakukan dalam Metode Pembinaan Pendidikan Moral. Sedangkan yang menjadi tujuan penelitian ini, untuk mengetahui Metode Pembinaan Pendidikan Moral siswa di SMA Nurul ‘Ilmi, Faktor pendukung dalam Pelaksanaan Pendidikan Moral siswa di SMA Nurul ‘Ilmi, dan hambatan yang dihadapi dalam Pelaksanaan Pendidikan Moral siswa di SMA Nurul ‘Ilmi. Serta upaya-upaya yang dilakukan dalam Metode Pembinaan Pendidikan Moral. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilaksanakan dengan cara menggunakan editing data, mengadakan reduksi data, menafsirkan data, dan membuat kesimpulan. Metode Pembinaan Pendidikan Moral tergambar dalam visi-misi. Faktor Pendukung dalamMetode Pembinaan Pendidikan Moral Studi di SMA Nurul ‘Ilmi didukung oleh beberapa Faktor yaitu kreatifitas yayasan, keahlian, kecakapan dari para Bapak/Ibu Guru Pengasuh Boarding Schooldalam membina, menanamkan nilainilai pendidikan moral, input yang bagus, lingkungan yang kondusif, semangat dari peserta didik dalam menuntut ilmu dan meraih prestasi serta peran penting alumni atau senior pada juniornya. Hambatan yang dihadapi kurangnya tenaga profesional yang dapat membina siswa-siswi Boarding Schooldengan baik dan sebahagian orang tua tidak sejalan dengan tujuan SMA Nurul ‘Ilmi. Upaya yang dilakukan memperketat peraturan dan menegaskan peraturan. Upaya yang dilakukan memperketat aturan, ketegasan dari Pembina Boarding Schoolterhadap aturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.H. Irwan Saleh Dalimunthe, MA. dan Ahmatnijar, M.Ag.
Keywords: Metode Pembinaan Pendidikan Moral
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani
Date Deposited: 04 Aug 2020 08:50
Last Modified: 04 Aug 2020 08:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3961

Actions (login required)

View Item View Item