Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil pendidikan akidah akhlak melalui model pembelajaran PAIKEM di MAN 1 Padangsidimpuan

Hasibuan, Nur Syah Roni (2017) Upaya meningkatkan hasil pendidikan akidah akhlak melalui model pembelajaran PAIKEM di MAN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar diakibatkan beberapa permasalahan yang timbul dalam proses belajar mengajar. Baik yang muncul dari siswa, kurikulum, dan mungkin bisa muncul dari guru baik berupa prosedur, persiapan, dan pelaksanaan pembelajaran atau masalah yang muncul dari faktor lingkungan. Pembahasan penelitian ini berkaitan prestasi pendidikan akidah akhlak melalui model pembelajaran PAIKEM , maka teori ini mengkaji tentang hasil belajar di MAN 1 Padangsidimpuan kelas X MIA 2, yaitu cara belajar murid dalam mendengarkan dan memperhatikan guru menjelaskan materi pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui 3 siklus. Subyek penelitian berjumlah 40 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Tujuan penelitian menunjukkan bahwa: Model pembelajaran PAIKEM diimplementasikan dengan melibatkan siswa dalam penguatan pemahaman atau mengecek pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dengan langkah berpikir bersama dalam kelompok kecil untuk menemukan jawaban yang dianggap paling tepat dari permasalahan yang diberikankan guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar sangatlah berpengaruh kepada prestasi pendidikan, karna metode yg aktif, efektif, inovatif, dan menyenangkan dapat berpengaruh untuk keikutsertaan siswa dalam proses belajar mengajar, guru menguasai kelas dan anak didiknya akan berpengaruh dengan prestasinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.H.Muhammad Darwis Dasopang,M.Ag dan Drs.H Abdul Sattar Daulay,M.Ag
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 04 Aug 2020 08:16
Last Modified: 05 Aug 2020 03:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3959

Actions (login required)

View Item View Item