Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemanfaatan media dalam pembelajaran fikih di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Panyabungan

Khoirunnisak, Ardina (2017) Pemanfaatan media dalam pembelajaran fikih di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0126.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Masalah penelitian ini pada dasarnya adalah pemanfaatan media dalam pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apa saja jenis media yang dimanfaatkan dalam pembelajaran Fikih di kelas VIII MTsN Panyabungan. Bagaimana kemampuan guru menyesuaikan media dengan materi pembelajaran Fikih di kelas VIII MTsN Panyabungan. Bagaimana pemanfaatan media dalam pembelajaran Fikih di kelas VIII MTsN Panyabungan.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui jenis media yang dimanfaatkan dalam pembelajaran Fikih di MTsN Panyabungan. Untuk mengetahui kemampuan guru menyesuaikan media dengan materi pembelajaran Fikih di MTsN Panyabungan. Untuk mengetahui pemanfaatan media dalam pembelajaran Fikih di MTsN Panyabungan. Teori dasar yang dipakai dalam penelitian ini adalah pengertian media pembelajaran, jenis-jenis media pembelajaran, karaktristik media pembelajaran, manfaat media pembelajaran, kriteria pemelihan media pembelajaran, strategi pemanfaatan media pembelajaran, kemampuan guru mata pelajaran Fikih dalam memanfaatkan media pembelajaran dan pembelajaran Fikih. Tempat penelitian ini adalah dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Panyabungan (MTsN) yang beralamat di Jln. Medan Padang, Sumatera Utara. Dilaksanakan selama bulan Oktober 2016 hingga bulan Mei 2017. Metode penelitian menggunakan penelitian dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data penelitian ini adalah Sekunder dan primer. Pengolahan data penelitian menggunakan observasi dan wawancara. Penelitian yang dilakukan dapat ditemukan hasil jenis media yang dimanfaatkan dalam pembelajaran Fikih di kelas VIII MTsN Panyabungan, yaitu media gambar/foto, poster, buku pelajaran, papan tulis, benda nyata dan infokus. Kemampuan guru menyesuaikan media dengan materi pembelajaran, yaitu materi zakat, haji dan umroh makanan dan minuman yang halal maupun haram sudah baik, akan tetapi pada materi shodaqoh hibah dan hadiah guru kurang mampu menyesuaikan media dengan materi pembelajaran. Pemanfaatan media dalam pembelajaran Fikih di kelas VIII MTsN Panyabungan sudah efektif, hal ini dapat dilihat dari pemanfaatan media dapat memperjelas penyajian materi, dapat memberikan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-perisiwa yang ada di lingkungan, akan tetapi hendaknya guru lebih kreatif menggunakan media agar lebih menimbulkan motivasi bagi siswa, dan sebelum memakai media guru hendaknya mempersiapkan media dan mengatur waktu media yang dipakai dengan baik supaya pemanfaatan media bisa membatasi ruang dan waktu proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.Nasruddin Hasibuan,M.Pd dan Drs.H.Abdul Sattar Daulay,M.Ag
Keywords: Media pembelajaran, Fikih
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 04 Aug 2020 09:31
Last Modified: 04 Aug 2020 09:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3949

Actions (login required)

View Item View Item