Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah Al-Masruriyah Desa Situmbaga Kecamatan Sosorgadong Kabupaten Tapanuli Tengah

Rangkuti, Ramadani (2017) Kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah Al-Masruriyah Desa Situmbaga Kecamatan Sosorgadong Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah sebagian guru PAI seringkali kurang berkompetensi dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar, sehingga kurang menumbuhkan semangat dalam diri peserta didik untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. Guru PAI dalam menggunakan metode, media dan mengelola kelas masih kurang bagus sehingga peserta didik tidak ada rasa antusias dalam belajar dan peserta didik sering ribut dalam kelas dan sering menggangu temannya saat belajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah kompetensi profesional guru PAI, apakah problema guru PAI dalam meningkatkan kompetensi profesional, apakah usaha guru PAI dalam meningkatkan kompetensi profesional. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi profesional guru PAI, untuk mengetahui problema guru PAI dalam meningkatkan kompetensi profesional , untuk mengetahui usaha guru PAI dalam meningkatkan kompetensi profesional. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan Islam. Dengan itu pendekatan yang digunakan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pengertian kompetensi guru, pengertian profesional guru, fungsi guru, komponen-komponen kompetensi profesional, guru pendidikan Agama Islam, peran guru Pendidikan Agama Islam. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan secara deskriftif dengan menggunakan filed research di lapangan dan teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data adalah primer dan sekunder, analisis data yang dengan menggunakan langkah editing data, reduksi data, penyajian data dan Triangulasi. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa kompetensi profesional guru PAI tergolong kurang baik hal ini di lihat dari kemampuan penggunaan metode, penggunaan media dan juga pengelolaan kelas. Problema guru PAI dalam meningkatkan kompetensi profesional adalah adanya hambatan dari dalam diri guru PAI yakni kurangnya minat dalam mencari informasi tentang berbagai materi yang akan di ajarkan dan kondisi ekonomi yang kurang bagus, hambatan dari luar yakni kurangnya sarana dan prasarana yang ada di Madrasah Tsanawiyah Al-Masruriyah. Usaha guru PAI dalam meningkatkan kompetensi profesional yakni menumbuhkan kreativitas, memperbanyak membaca buku, mengikuti seminar-seminar, dan usaha dari pihak sekolah mengadakan penataran dan loka karya, berusaha melengkapi sarana dan prasarana , mengadakan seminar, memberikan penghargaan bagi guru yang prestasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.H.Samsuddin,M.Ag dan Drs.Nasruddin Hasibuan,M.Pd
Keywords: Kompetensi, Profesional guru pendidikan agama islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 04 Aug 2020 04:54
Last Modified: 04 Aug 2020 04:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3937

Actions (login required)

View Item View Item