Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis di Sekolah Luar Biasa Negeri Padangsidimpuan

Tanjung, Sahrini Fitriani (2017) Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis di Sekolah Luar Biasa Negeri Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0269.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penyampaian materi Pendidikan Agama Islam pada anak autis tidak semudah seperti penyampaian materi Pendidikan Agama Islam pada anak-anak normal, sebab mereka sulit diajak berfikir abstrak. Akan tetapi program pendidikan dapat berhasil jika anak autis ditangani oleh guru pembimbing yang terlatih dan didampingi oleh guru pendamping. Di sekolah, anak autis belajar bersama dalam satu ruangan yang sama, padahal dalam belajar sebaiknya hanya ada satu anak autis dalam satu kelas. Dan setiap anak hendaknya didampingi oleh satu guru dan satu guru pendamping atau minimalnya satu guru untuk satu siswa autis. Adapun yang ingin dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak autis serta apa sebenarnya problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam itu pada anak autis di Sekolah Luar Biasa Negeri Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak autis di Sekolah Luar Biasa Negeri Padangsidimpuan dan untuk mengetahui problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak autis di Sekolah Luar Biasa Negeri Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang nantinya akan diketahui problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak autis di Sekolah Luar Biasa Negeri Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak Autis di Sekolah Luar Biasa Negeri Padangsidimpuan berbeda dengan Pendidkan Agama Islam di sekolah-sekolah umum lainnya. Mulai dari materi pelajaran yang lebih sedehana serta tujuan Pendidikan Agama Islam itu sendiri untuk dapat mengubah pribadi anak autis menjadi sosok manusia yang beriman, bertaqwa dan berperilaku sesuai dengan ajaran Islam. Problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak di Sekolah Luar Biasa Negeri Padangsidimpuan yaitu yaitu kurangnya pengetahuan guru dalam menangani anak autis serta belum adanya pengalaman mengajar dan siswa autis sebelumnya, minimnya waktu yang dimiliki oleh guru untuk bisa berinteraksi dan menyampaikan pelajaran kepada siswa autis dan minimnya tenaga pendidik khususnya Pendidikan Agama Islam di lingkungan Sekolah Luar Biasa Negeri Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Ali Anas Nasution, Lc. MA. dan Muhlison, M.Ag
Keywords: Pendidikan Agama Islam; Anak Autis; Sekolah Luar Biasa
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 04 Aug 2020 03:04
Last Modified: 04 Aug 2020 03:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3929

Actions (login required)

View Item View Item