Marhamah, Marhamah (2019) Manajemen pembinaan bahasa Arab dan bahasa Inggris di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Padangsidimpuan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1723100198.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Manajemen merupakan proses mencapai keberhasilan dengan melibatkan banyak orang melalui tindakan dan usaha. Manajemen yang telah diterapkan di Ma’had Al-Jamiah IAIN Padangsidimpuan sudah memberikan dampak fositif, karena dilihat dari segi meningkatnya jumlah mahasiswa setiap ajaran baru. Padahal dilihat dari segi sarana dan prasarana belum memadai ini terlihat ketika proses belajar berlangsung hal ini tentu tidak terlepas dari manajemen mudir mahad. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi pembinaan bahasa Arab dan bahasa Inggris di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode diskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Sumber data yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan ketekunan pengamatan, dan triangulasi, dan analisis data digunakan klasifikasi data, reduksi data, deskrifsi dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa 1) Perencanaan pembinaan bahasa Arab dan bahasa Inggris yaitu melalui perancanaan yang matang dengan langkah awal yang direncanakan berbagai metode, teknik untuk melakukan kegiatan dapat berjalan dengan baik, disertai berbagai langkah yang antisifatif agar tidak mudah bosan dan Mahasantri/ah mudah mengingat apa yang dipelajarinya baik mufradat maupun vocabulary. 2) Pengorganisasian pembinaan bahasa Arab dan bahasa Inggris dengan membentuk pengurus atau kordinator bahasa Arab dan bahasa Inggris, kemudian membentuk pengurus seksi bahasa yang di percayakan kepada Musyrif/ah yang mahir berbahasa Arab dan bahasa Inggris. Musyrif/ah memilih beberapa Mahasantri/ah untuk seksi bahasa atau disebut juga dengan jasusah (mata-mata). 3) Pelaksanaan pembinaan bahasa Arab dan bahasa Inggris merupakan proses untuk menumbuhkan semangat pada Musyrif/ah menjalankan tugas pokoknya, karena Musyrif/ah berkewajiban menjadi contoh dengan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris setiap program yang dijalankannya agar Mahasantri/ah termotivasi selalu menggunakan bahasa dan menekankan bahwa bahasa itu sangat penting. 4) Pengawasan pembinaan bahasa Arab dan bahasa Inggris bertujuan untuk memperlancar semua program yang ada di Ma’had seperti pengawasan bahasa, Mahasantri/ah selalu di awasi dalam berbahasa Arab dan bahasa Inggris bagi siapa yang melanggar bahasa diberi sanksi berupa hukuman. 5) Evaluasi pembinaan bahasa Arab dan bahasa Inggris dilakukan untuk Musyrif/ah sekali sebulan dan untuk Mahasantri/ah dengan berbagai ujian dilaksanakan maksimalnya ujian bahasa setiap akhir semester untuk melihat sejauh mana hasil yang tercapai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd. |
Keywords: | Manajemen pembinaan bahasa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 03 Aug 2020 09:58 |
Last Modified: | 03 Aug 2020 09:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3914 |
Actions (login required)
View Item |