Suryani, Lely (2017) Pengaruh Promosi terhadap keputusan menjadi nasabah di Unit Pegadaian Syariah Manggis Bukittinggi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 230 0066.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Unit Pegadaian Syariah Manggis Bukittinggi membantu masyarakat menengah ke bawah dalam mendapatkan pinjaman yang cepat, mudah dan aman, pastinya juga yang berbasis syariah. Beberapa masyarakat kurang mengetahui tentang jasa gadai syariah, kurang mengetahui produk-produk yang ada pada pegadaian syariah. Dilihat dari masyarakat yang masih banyak meminjam uang kepada para rentenir. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh promosi terhadap keputusan menjadi nasabah di unit pegadaian syariah manggis bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan menjadi nasabah di unit pegadaian syariah manggis bukittinggi dan berguna untuk sebagai referensi ilmiah untuk dijadikan bahan masukan untuk peneliti selanjutnya. Promosi adalah alat komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan, melainkan juga sebagai alat untuk mempengaruhi pelanggan. Keputusan nasabah adalah alternatif keputusan yang dilakukan nasabah untuk menggunakan produk yang ditawarkan bank/lembaga keuangan lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan angket serta melalui wawancara terhadap individu yang informasinya diperlukan untuk kelengkapan data pada penelitian ini. Angket merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 83 responden. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 22. 2 Hasil uji koefisien determinasi (R ) dapat diketahui bahwa 29,3% variabel promosi mampu mempengaruhi keputusan menjadi nasabah dan 70,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan yaitu promosi terhadap keputusan menjadi nasabah dengan nilai > (5,789> 1,664).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, ST, MM dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd |
Keywords: | Promosi; Keputusan Menjadi Nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 09:11 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 09:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3863 |
Actions (login required)
View Item |