Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh keandalan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Padangsidimpuan

Koto, Asna Mahdalena (2017) Pengaruh keandalan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 230 0054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

PT. Pos Indonesia (Persero) Padangsidimpuan adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa yang berada dikota Padangsidimpuan. Pada Permasalahan yang terjadi di PT. Pos Indonesia (Persero) Padangsidimpuan mengalami banyaknya keluhan pelanggan tentang kerusakan pengiriman barang sesuai dengan data pelanggan pada tahun 2012-2016 di PT. Pos Indonesia terjadi keluhan pelanggan yang fluktuatif, dan yang menjadi rumusan masalah yaitu apakah ada pengaruh keandalan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Padangsidimpuan maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh keandalan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pos Indonesia (persero) Padangsidimpuan dan kegunaan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan yang andal sehingga pelanggan akan merasa puas dalam pelayanan yang dilakukan oleh perusahaan Keandalan adalah kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan yang dijanjikan dan terpercaya. Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja jasa yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan. semakin berkualitas layanan yang diberikan oleh perusahaan, semakin tinggi kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi sederhana dengan analisis data statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan wawancara serta melalui angket dan dokumentasi yang digunakan dalam penelitian. Populasi yang digunakan seluruh pelanggan PT. Pos Indonesia (Persero) Padangsidimpuan dan sampel yang digunakan sebanyak 87 responden dengan menggunakan taraf signifikan 10% dan pengolahan data yang digunakan dengan penelitian ini dengan bantuan SPSS Versi 22. 2 Koefisien Determinasi (R ) diperoleh sebesar 46,4% yang menjelaskan bahwa variabel keandalan mampu mempengaruhi kepuasan pelanggan, dan 53,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan yaitu keandalan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Padangsidimpuan dengan nilai thitung > ttabel (8,581 > 1,663).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, MA dan Arti Damisa, M.E.I
Keywords: Keandalan; Kepuasan Pelanggan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 30 Jul 2020 08:38
Last Modified: 30 Jul 2020 08:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3857

Actions (login required)

View Item View Item