Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Motivasi siswa dalam belajar matematika (studi di kelas VII SMP Negeri 3 Lingga Bayu Satu Atap)

Maslauni, Maslauni (2017) Motivasi siswa dalam belajar matematika (studi di kelas VII SMP Negeri 3 Lingga Bayu Satu Atap). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0111.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa dalam proses belajar banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencapai suatu tujuan, salah satunya adalah memotivasi siswa dalam belajar. Di SMP Negeri 3 Lingga Bayu Satu Atap motivasi siswa masih rendah sehingga hasil belajar siswa pun rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi siswa dalam belajar Matematika di Kelas VII, SMP N 3, Lingga Bayu Satu Atap, apa saja upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam belajar Matematika di Kelas VII SMP N 3 Lingga Bayu Satu Atap, dan apa saja hambatan yang di hadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar Matematika Kelas VII SMP N 3 Lingga Bayu Satu Atap. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu suatu metode yang menggambarkan gejala-gejala yang terdapat di lapangan. Instrument pengumpulan data yang digunakan terdiri atas observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa motivasi siswa dalam belajar Matematika terbagi dalam 3 macam yaitu motivasi tinggi, motivasi sedang dan juga motivasi rendah. Motivasi siswa rendah disebabkan karena guru kurang memahami motif yang berbeda pada setiap siswa serta kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan model pembelajaran interaktif yang digunakan pada saat menyampaikan materi pelajaran. Dalam memotivasi siswa di SMP Negeri 3 Lingga Bayu Satu Atap para guru melakukan berbagai upaya, di antaranya adalah memberi angka, memberikan hadiah, mengadakan kompetisi/saingan, memberi ulangan, mengetahui hasil, memberi pujian dan juga memberikan hukuman. Hambatan yang dihadapi guru Matematika dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah kurangnya media pembelajaran, kurangnya alat peraga dan waktu yang tersedia tidak mencukupi dengan materi Matematika yang banyak. Untuk mengatasi hambatan yang dihadapi guru Matematika para guru memanfaatkan media yang ada, dan untuk mengatasi kurangnya alat peraga ialah dengan menciptakan alat peraga sederhana jika memang diperlukan. Dan kurangnya jam pelajaran yang tersedia diatasi guru Matematika dengan berusaha mengoptimalkan waktu yang sedikit itu yaitu dengan belajar tambahan, membuat tugas rumah, meringkas mata pelajaran, membentuk kelompok diskusi dan mengambil waktu yang tidak bertentangan dengan jam pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Agus Salim Daulay dan Ahmad Nizar Rangkuti
Keywords: motivasi; belajar; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 30 Jul 2020 07:45
Last Modified: 30 Jul 2020 07:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3842

Actions (login required)

View Item View Item