Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh ekonomi orangtua terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan

Wahyuni, Nirma (2017) Pengaruh ekonomi orangtua terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Banyak dampak yang diakibatkan dari ekonomi salah satunya adalah ketahanan keluarga, ketahanan keluarga terwujud karena berjalannya fungsi keluarga dalam memenuhi semua kebutuhan fisik dan juga psikisnya yakni kebutuhan ekonomi, pendidikan, naluri berketurunan, naluri bergama, kasih sayang perlindungan dan sosial. Jika ketahanan keluarga sudah mulai rapuh akan menyebabkan pengaruh yang buruk terhadap motivasi belajar anak didik jika motivasi belajar anak tidak ada lagi lalu bagaimana untuk melaksanakan pendidikan dengan baik. Oleh sebab itu, sebagai komponen pendidikan baik orangtua, guru harus mengetahui kejiwaan anak agar dapat melaksanakan pendidikan dengan sebaik mungkin. Penelitian ini betujuan Untuk mengetahui ekonomi orangtua siswa di SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Untuk mengetahui motivasi belajar Matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara tingkat ekonomi orangtua terhadap motivasi belajar Matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan jenis kuantitatif, yaitu memberikan gambaran dan sekaligus melihat pengaruh antara kedua variabel dengan menghitung mean, median, modus, variansi dan simpangan baku. Untuk memberikan penafsiran sebaran data yang diperoleh terhadap populasi adalah seluruh kelas VIII SMP N 9 Padangsidimpuan sebanyak 227 siswa, Teknik pengambilan sampel yang dilakukan oleh peneliti dengan cluster random sampling sampelnya adalah terdiri dari kelas VIII1 dan VIII2 sebanyak 45 orang Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket dan dikelola dengan menggunakan metode korelasional kemudian dianalisis dengan menggunakan product moment diperoleh rxy= 0,172 dibandingkan dengan taraf signifikan 5% = 0,294 termasuk kategori yang tidak signifikan dengan koefisien determinasi (kp)= 2,96% artinya ekonomi orangtua memberikan konstribusi yang tidak signifikan terhadap motivasi belajar Matematika siswa. Sedangkan pengelola analisis data dilakuan dengan menggunakan regresi linier yang menunjukkan fhitung < ftabel = 1,307 < 4,075 Taraf signifikan a = 35,259 dan b = 0,158 dan n = 45 dengan uji satu fihak dk = n-2 = 43, sehingga diperoleh ftabel = 4,075. Melihat kondisi ini maka uji hipotesis penolakan H0 dan penerima Ha penelitian ini menyimpulakan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara ekonomi orangtua terhadap motivasi belajar Matematika siswa Kelas VIII SMP N 9 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd. dan Suparni, S.Si, M.Pd
Keywords: Ekonomi Orangtua; Motivasi Belajar Matematika Siswa
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 30 Jul 2020 07:36
Last Modified: 30 Jul 2020 07:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3839

Actions (login required)

View Item View Item