Lubis, Erliani (2017) Pola pembinaan tahfiz Al-Qur’an di pondok pesantren Darussalam Parmeraan Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0138.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti pada pola pembinaan tahfiz Al-Qur’an pada Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan yang menghasilkan generasi penghafal Al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana pola pembinaan tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan. Pola apa saja yang digunakan dalam pembinaan tahfiz al-Qur’an di Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan. Mengap apola pembinaan tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan Kecamatan Dolok itu diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pola pembinaan tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan. Menemukan pola yang dipakai dalam pembinaan tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan. Menjelaskan penggunaan pola pembinaan tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan. Penelitian ini berguna untuk menambah pengetahuan penulis. Baik secara teoritis maupun peraktis dalam masalah pembinaan tahfiz Al-Qur’an. Sebagai bahan masukan di Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan. Sebagai bahan perbandingan untuk peneliti selanjutnya bagi mahasiswa fakultas tarbiyah IAIN Padangsidimpuan dalam melaksanakan penelitian tentang tahfi al-Qur’an Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Al-Qur’an. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah yang berkaitan dengan bagian-bagian ilmu Al-Qur’an tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan pendekatan yang berorientasi pada fenomena-fenomena yang diamati dan diolah dengan menggunakan logika ilmiah. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya dilapangan secara murni dan apa adanya. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa Pola pembinaan tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan adalah: Pelaksanaan tahfiz al-Qur’an ini dilakukan sebagai salah satu kegiatan Ekstrakurikuler. pola yang dipakai adalah Pola halaqah, pola bimbingan, pola reward dan Punishment. Keberhasilan dari pola-pola ini adalah Kualitas hafalan siswa menjadi lebih baik, hafalan bertambah meningkat, dan siswa bertambah semangat dalam mengikuti program tahfiz. Alasan pola ini diterapkan adalah: disebabkan karna pola ini selain memperbaiki bacaan Al-Qur’an, dan kualitas hafalan siswa juga mampu meningkatkan motivasi siswa dalam menghafal Al-Qur’an, karna bagi yang berhasil akan diberi hadiah begitu juga dengan sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Tatta Herawati Daulae dan Hamdan Hasibuan |
Keywords: | pendidikan Islam; Al-Qur’an; pesantren |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 06:16 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 06:16 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3824 |
Actions (login required)
View Item |