Nasution, Alimatussakdiyah (2017) Penerapan pendekatan open-ended untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi bangun datar di kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas siswa saat proses pembelajaran matematika di kelas VII-5 MTsN 2 Padangsidimpuan, terlihat masih banyak siswa yang kurang kreatif, kurang aktif, dan tidak mandiri. Salah satu penyebab rendahnya kreativitas siswa adalah cara belajar yang konvensional. Selain itu kebiasaan siswa yang tidak mampu mengerjakan soal yang diberikan guru, tidak memberikan jawaban dengan caranya sendiri atau jawaban yang bervariasi, jarang mengajukan pertanyaan-pertanyaan dengan baik, tidak berani memberikan saran terhadap masalah yang terjadi. Untuk itu perlu dilakukan perubahan dalam pengajaran matematika di kelas yaitu dengan menggunakan pendekatan Open-Ended. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi bangun datar di kelas VII-5 MTsN 2 Padangsidimpuan melalui pendekatan Open-Ended. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan kreativitas. Dimana indikator kreativitas meliputi kemampuan berfikir lancar, berfikir luwes, berfikir orisinil dan berfikir memperinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dilaksanakan di kelas VII-5 siswa MTsN 2 Padangsidimpuan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 yang berjumlah 45 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil observasi kreativitas siswa dengan penerapan pendekatan Open-Ended pada siklus I Pertemuan ke-1 kreativitas siswa masih rendah yaitu rata-rata 27,22 % kemudian pertemuan kedua 40,55 % peningkatan belum sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan sehingga penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II pertemuan ke-1 siswa mencapai 58,25 % kemudian pada pertemuan ke-2 yaitu 76,68 %. Sedangkan hasil tes pada siklus I pertemuan ke-1 kreativitas siswa mencapai 26,66 % kemudian pertemuan ke-2 meningkat menjadi 40 % dan pada siklus II pertemuan Ke-1 yaitu 60 % kemudian pertemuan ke-2 meningkat mencapai 77,77 %. Berdasarkan hasil tes dan observasi dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan kreativitas siswa pada materi bangun datar di kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra.Asnah,MA dan Suparni S.Si,M.Pd |
Keywords: | Pendekatan Open-Ended, kreativitas, Bangun datar |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 02 Aug 2020 15:30 |
Last Modified: | 02 Aug 2020 15:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3815 |
Actions (login required)
View Item |