Pohan, Khusnah Indah Sari (2016) Pengaruh penerapan model reciprocal teaching terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran matematika dikembangkan melalui metode pembelajaran kurang variatif dan tidak semua siswa dilibatkan dalam pembelajaran matematika mengakibatkan kemampuan siswa tidak berkembang secara baik. Ketika metode ini diterapkan siswa tidak ikut berperan serta secara aktif, pembelajaran lebih didominasi oleh guru tersebut, jadi hal ini mengakibatkan tidak ada terlihat kemampuan siswa berkembang secara baik, jarangnya siswa merespon terhadap materi yang disajikan. Hal inilah yang yang menyebabkan hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penerapan Model Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Lingkaran di Kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan. Upaya yang dilakukan peneliti dalam menyelesaikan permasalahan di atas adalah dengan menerapkan model Reciprocal Teaching. Model ini dirancang sedemikian rupa untuk dapat menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran agar dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Sampel penelitian yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 40 orang dan kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 36 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes bentuk pilihan ganda, dan lembar observasi kegiatan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan varians, dan uji t. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh di kelas sampel berdistribusi normal. Berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching diperoleh rata-rata aktivitas siswa sebesar 63,75% yang termasuk dalam kategori tinggi. Pengujian uji-t diperoleh thitung (6,42) > ttabel (1,993). Melihat kondisi ini maka hipotesis penolakan Ho dan penerimaan Ha,menyimpulkan terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan model Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Suparni,S.Si.,M.Pd dan Almira Amir,M.Si |
Keywords: | Model pembelajaran reciprocal teaching, Hasil belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 03 Aug 2020 03:58 |
Last Modified: | 03 Aug 2020 03:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3813 |
Actions (login required)
View Item |