Maryani, Yeni (2017) Upaya meningkatkan motivasi belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) pada pokok bahasan lingkaran di kelas XI B siswa SMK S Panca Dharma Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 330 0130.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Pada penelitian ini, masalah yang dikemukakan adalah rendahnya motivasi belajar matematika siswa kelas XI SMK S Panca Dharma Padangsidimpuan pada pokok bahasan lingkaran. Siswa kurang serius dalam belajar. Ini disebabkan karena kurang sesuainya model pembelajaran yang dipilih dengan materi yang disampaikan. Mengingat pentingnya kualitas pendidikan dan menanggapi masalah yang dihadapi siswa, maka sebagai upaya peningkatan motivasi belajar siswa, peneliti menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Lingkaran di kelas XI SMK S Panca Dharma Padangsidimpuan. Penelitian ini berkaitan dengan motivasi dimana indikator motivasi adalah: Perhatian yaitu siswa yang fokus terhadap pelajaran matematika, ulet yaitu siswa berusaha menjawab soal, tekun yaitu siswa aktif dalam menjawab soal, berminat yaitu siswa aktif dalam geams dan keberanian yaitu siswa berani dalam menjawab soal ke depan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dua siklus dan masing-masing terdiri atas empat kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi dalam satu spiral yang saling berkaitan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XIB Akuntansi SMK S Panca Dharma Padangsidimpuan yang berjumlah 32 orang. Instrumen Pengumpulan data berupa angket. Angket digunakan sebagai mengukur motivasi belajar pokok bahasan lingkaran. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari observasi dan angket. Motivasi belajar siswa pokok bahasan lingkaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aspek perhatian siklus I pertemuan I 18,75%, pertemuan II 56,25% pada siklus II 81,25%. Aspek keuletan siklus I pertemuan I 12,50%, pertemuan II 50%, siklus II 75%. Aspek tekun siklus I pertemuan I 25%, pada pertemuan II 56,25%, siklus II 87,5%. Aspek minat siklus I pertemuan I 6,25%, pertemuan II 43,75%, Siklus II 75%. Aspek keberanian siklus I pertemuan I 18,75%, dan siklus I pertempuan II 56,25% siklus II 81,25%. Hasil angket motivasi siklus I pertemuan I 50,42%, Siklus I pertemuan II 80.42% dan meningkat pada siklus II 92.92%. Dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar di kelas XI B siswa SMK S Panca Dharma Padangsidimpuan pada pokok bahasan lingkaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan |
Keywords: | Motivasi; Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT); Lingkaran |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 04:00 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 04:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3804 |
Actions (login required)
View Item |