Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 4 Padangsidimpuan

Ernayanti, Ernayanti (2017) Penerapan model pembelajaran student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 4 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya aktivitas serta hasil belajar matematika siswa khususnya pada pokok bahasan faktorisasi aljabar. Salah satu penyebabnya adalah siswa beranggapan bahwa matematika itu sulit dan membosankan sehingga dalam pembelajaran siswa kurang aktif dan apabila diberi kesempatan dalam bertanya dengan hal yang kurang mengerti siswa terkadang satu atau dua orang yang bertanya, lain lagi ketika guru sedang menjelaskan di depan siswanya ada yang berbicara dengan teman, bermain-main, bahkan acuh tak acuh kepada gurunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa serta untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 4 Padangsidimpuan. Pokokbahasanpadapenelitianiniadalahfaktorisasialjabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan dua siklus dans etiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasi) dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-3 SMP Negeri 4 Padangsidimpuan yang terdiri dari 22 siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh data aktivitas dan hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Sebelumsiklus, hasil belajar siswa masih rendah, yaitu hanya 2 siswa yang tuntas dari 22 siswa, pada siklus I pertemuan I kategori aktivitas siswa masih sedikit dengan persentase rata-rata 27,26 %, pada siklus I pertemuan II meningkat dengan persentase rata-rata menjadi 43,63%. Kemudian dilanjutkan dengan siklusII pertemuan I menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa mulai dari pertemuan I yaitu jumlahsiswa yang kategori aktivitasnya banyak dengan persentase rata-rata 73,63%, pada pertemuan II meningkat menjadi kategori sangat banyak dengan persentase 89,99%. Sementara itu, hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan, hal inidapat dilihat dari data hasil belajar siswa mulai dari siklus I sampai dengan siklus II. Pada ii siklus I pertemuan I persentase ketuntasan belajar siswa 22,72 %, kemudian pada siklus I pertemuan II menjadi 59,09 %. Sementara pada siklus II pertemuan I menunjukkan peningkatan dari siklus I pertemuan II yaitu dengan persentase ketuntasan belajar siswa72,72 %, dan pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi siswa 81,81 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 4 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti dan Lelya Hilda
Keywords: student teams achievement division (STAD); aktivitas belajar; hasil belajar; faktorisasi Aljabar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 30 Jul 2020 01:33
Last Modified: 30 Jul 2020 01:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3774

Actions (login required)

View Item View Item