Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis pada siswa kelas VIII putri pondok pesantren Darul Ikhlash Panyabungan

Nasution, Halimatussakdiah (2017) Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis pada siswa kelas VIII putri pondok pesantren Darul Ikhlash Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa pada materi pelajaran lingkaran. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah sistem belajar yang monoton atau ceramah. Selain itu masih banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis pada siswa kelas VIII putri di pondok Pesantren Darul Ikhlash Panyabungan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di Pondok Pesamtren Darul Ikhlash Panyabungan dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII yang berjumlah 40 siswa seluruhnya perempuan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa meningkat. Pada kondisi awal dari 40 orang siswa kelas VIII Putri yang serius mengikuti pelajaran berjumlah 8 orang siswa yang tuntas dengan presentase 20 % dan yang terlihat tidak serius mengikuti pelajaran berjumlah 32 orang siswa dengan presentase 80 %. Pada siklus I pertemuan I jumlah siswa berjumlah 15 siswa dengan presentase 40 %, pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 21 siswa yang tuntas dengan presentase 52,5 %. Sementara pada siklus II pertemuan I menunjukkan peningkatan dari siklus I pertemuan II yaitu jumlah siswa yang tuntas berjumlah 28 siswa dengan presentase 70 %, dan pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 33 siswa yang tuntas dengan presentase 83,5 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Darwis Dasopang dan Suparni
Keywords: model pembelajaran mind mapping; koneksi matematis
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 30 Jul 2020 01:46
Last Modified: 30 Jul 2020 01:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3773

Actions (login required)

View Item View Item