Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan fungsi di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah AlJunaidiyah Kampung Lamo Kabupaten Mandailing Natal

Rangkuti, Nila Sari (2017) Kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan fungsi di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah AlJunaidiyah Kampung Lamo Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam mengaitkan konsep-konsep yang dipelajarinya dengan masalah yang ada dilingkungannya. Selain kurang maksimalnya kemampuan pemecahan masalah siswa yang jika dilihat unsur penyebabnya salah satunya adalah kurang tepatnya metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pokok bahsan fungsi di kelas VIII Al-Junaidiyah Kabupaten Mandailing Natal. Bagaimana kemampuanpemecahan masalah siswa dalam pokok bahsan fungsi di kelas VIII AlJunaidiyah Kabupaten Mandailing Natal?. Kemampuan pemecahan Masalah merupakan salah satu kemampuan matematis yang dapat memudahkan siswa dalam memecahakan persoalan-persolan yang ada dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuibagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa ketika dihadapkan dengan persoalan matematika siswa VIII Al-Junaidiyah Kabupaten Mandailing Natal. Berdasarkan latar belakang masalah di atas diperlukan penelusuran lebih lanjut mengenai kemampuan pemecahan masalah siswa di dalam pembelajaran matematika. Bertolak dari teori bahwa dengan kemampuan pemecahan masalah menjadikan siswa dapat menerapkan pengetahuannya untuk memecahkan masalah. Dengan kemampuan pemecahan masalah akan menjadikan siswa dapat mengatasi kesulitann-kesulitan yang ia hadapi dalam belajar dengan menggunakan konsepkonsep yang telah ia peroleh sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatandeskriptif.Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII Al-Junaidiyah Kabupaten Mandailing Natal sebanyak 25 siswa. Untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan instrumen wawancara dan tes.Analisis data yang digunakan adalah tabulasi dengan penerapan data deskriftif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan fungsi dalam menyatakan fungsi dalam diagram panah 34,11%, kemampuan pemecahan masalah dalam menyatakan fungsi dalam diagram kartesius21,96%, dan kemampuan pemecahan masalah masalah dalam menyatakan fungsi dalam himpuanan pasangan berurutan 16,36%, kemudian kemampuan pemecahan masalah dalam menyatakan notasi suatu fungsi yang terdiri dari 2 item soal yaitu nomor soal 4 sebesar 16,82% dan nomor soal 5 10,75%. Adapun kesimpulan yang terdapat pada penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa dalam konsep-konsep fungsi, yang menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahanmasalah siswa kelas VIII Al-Junaidiyah Kabupaten Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti dan Asfiati
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah; fungsi; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2020 13:34
Last Modified: 29 Jul 2020 13:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3769

Actions (login required)

View Item View Item