Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Ketuntasan guru dalam menyelesaikan kurikulum matematika pada kelas VII MTs.S Thoiyibah Islamiyah Hutaraja

Nahombang, Nahombang (2017) Ketuntasan guru dalam menyelesaikan kurikulum matematika pada kelas VII MTs.S Thoiyibah Islamiyah Hutaraja. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Problem yang dihadapi guru kelas VII dalam menyelesaikan kurikulum matematika berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yaitu : Dalam Perencanaan pembelajaran mengenai RPP dan silabus kesulitan dalam menjabarkan kompetensi, dimana guru kelas VII harus mampu menyelesaikan setiap pembelajaran matematika yang sesuai dengan standar isi yang harus dicapai peserta didik. Implementasi pembelajaran yang penyesuaian waktunya tersedia dalam persiapan kegiatan pembelajaran kesulitan dalam melaksanakan pembentukan kompetensi dalam kegiatan pembelajaran matematika sehingga sedikit murid yang yang aktif dalam peruses pembelajaran. Penilaian hasil dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dengan menggunakan produk dan performansi sudah cukup bagus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan guru dalam menyelesaikan kurikulummatematika pada kelas VII MTs.S Thoyyibah Islamiyah Hutaraja, untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam mentuntaskan kurikulum matematika berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran matematika berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan doumentasi. Observasi di fokuskan kepada pelaksanaan proses pembelajar di kelas VII. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah dan I guru kelas VII. Dokumntasi terkait pada silabus, RPP dan dokumen proses pembelajaran dengan Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan model Miles dan Humberman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data berupa triangulasi. Hasil penelitian ini diperoleh ketuntasan guru dalam menyelesaikan kurikulum matematika di MTsS Thoiyibah Islamiyah Hutaraja. Guru dapat menyelesaikan kurikulum matematika dengan tercapainya nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 75 walaupun masih ada yang perlu dibenahi dalam proses pembelajarannya. Adapun kendala dalam mentuntaskan Kurikulum matematika berasal dari guru dan siswa, dimana guru kurang kreatif dalam menyampaikan pembelajaran dan kurang mampu memahami standar isi yang terdapat dalam kurikulum sehingga masih sedikit siswa yang aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Anhar dan Ahmad Nizar Rangkuti
Keywords: Ketuntasan guru; kurikulum; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2020 13:29
Last Modified: 29 Jul 2020 13:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3768

Actions (login required)

View Item View Item