Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada materi logaritma di kelas X-B Madrasah Aliyah Swasta Al-Ansor Padangsidimpuan

Harianti, Desi (2017) Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada materi logaritma di kelas X-B Madrasah Aliyah Swasta Al-Ansor Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-B Mas Al-Ansor Padangsidimpuan disebabkan guru masih menggunakan pembelajaran konvensional dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Untuk mencapai yang optimal, guru perlu menggunakan pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Cooperative Learning tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi logaritma di kelas X-B Mas Al-Ansor Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas X-B Mas Al-Ansor Padangsidimpuan sejumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes (observasi). Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 65 dan persentase tuntas belajar klasikal 75% dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran 75%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) hasil belajar siswa mencapai 60,68 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar menjadi 72,75 dengan persentase klasikal dari 58,62% menjadi 82,75%. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran siklus I pertemuan 1 adalah 44,82% dan pertemuan 2 adalah 60,69%, pada siklus II pertemuan 1 adalah 70,34% dan pertemuan 2 meningkat menjadi 82,06%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Mariam Nasution dan Lelya Hilda
Keywords: Aktivitas; hasil belajar; cooperative learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2020 13:13
Last Modified: 29 Jul 2020 13:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3766

Actions (login required)

View Item View Item