Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nilai-nilai pendidikan Islam dalam budaya Tapanuli Selatan (studi konsep dalihan natolu)

Pulungan, Marli Suhadi (2016) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam budaya Tapanuli Selatan (studi konsep dalihan natolu). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Masyarakat tidak terlepas dari budaya. Karenanya sebagian masyarakat berupaya untuk melestarikan ajaran dan nilai-nilai budaya. Namun, ada juga sebagian masyarakat yang ingin mengesampingkan ajaran dan nilai-nilai budaya. Hal ini mereka lakukan dengan alasan budaya adalah ciptaan manusia, sedangkan Allah Swt. telah menurunkan agama. Terlepas dari perbedaan sikap dan pandangan tersebut, peneliti melihat bahwa terdapat aspek-aspek positif dalam budaya. Di dalam budaya Tapanuli Selatan misalnya terdapat nilai-nilai pendidikan Islam. Dalam kaitan itulah peneliti tertarik untuk membahas nilai-nilai tersebut dalam judul skripsi: “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Budaya Tapanuli Selatan (Studi Konsep Dalihan Natolu).” Untuk itu permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep budaya Dalihan Natolu, apa saja nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan Islam, dan apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam budaya Dalihan Natolu. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep budaya Dalihan Natolu, dan untuk mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan Islam, serta untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam budaya Dalihan Natolu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research (penelitian pustaka). Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, dan sember data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Sedangkan analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa data content analysis. Dari pembahasan yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa konsep Dalihan Natolu sejatinya adalah terdiri dari tiga unsur yaitu kahanggi, anak boru, dan mora. Adapun Cara kerja Dalihan Natolu merupakan suatu sistem yang saling terkait, saling berhubungan, saling menunjang dan saling mendukung. Dan sesungguhnya sesama unsur Dalihan Natolu dipandang memiliki daya magis untuk saling melindungi. Hubungan saling melindungi itulah yang mengikat semua pihak yang terkait dengan adat Tapanuli Selatan. Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan Islam sejatinya seluruh perbuatan yang didasari dengan niat yang ikhlas karena Allah dalam kaitannya dengan aspek ibadah. Dalam kaitannya dengan aspek akhlak adalah manifestasi sifat-sifat yang baik terhadap hubungan sesama manusia, hubungan manusia dengan Allah, dan hubungan manusia dengan lingkungannya. Dalam hal aspek akidah adalah nilai yang merupakan seluruh perbuatan dan prilaku manusia yang bersumber pada konsep akidah Islam. Sedangkan gambaran nilai-nilai pendidikan Islam yang ditemukan dalam Dalihan Natolu secara garis besarnya adalah nilai ibadah, akhlak, dan akidah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muslim Hasibuan dan Agus Salim Lubis
Keywords: Pendidikan Islam; budaya Tapanuli Selatan
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2020 12:46
Last Modified: 29 Jul 2020 12:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3761

Actions (login required)

View Item View Item