Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri I Batang Angkola

Sakdiyah, Halimatus (2016) Upaya guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri I Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 310 0192.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar balakangi kurangnya semangat siswa dalam mengikuti pelajaran khususnya belajar pendidikan agama Islam, adanya pengaruh dari lingkungan baik lingkungan sekolah maupun luar sekolah, siswa sendiri yang malas belajar khususnya belajar pendidikan agama Islam serta jam pelajaran yang lebih sedikit dibanding pelajaran lainnya. Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan di atas yang menjadi rumusan masalah tersebuttentang Upaya guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Batang Angkola, Apa saja kendala yang dihadapi guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri I Batang Angkola dan Bagaimana upaya guru agama dalam menanggulangi kendala yang dihadapi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri I Batang Angkola. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana upaya guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri I Batang Angkola, Apa saja kendala yang dihadapi guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri I Batang Angkola dan Bagaimana upaya guru agama dalam menanggulangi kendala yang dihadapi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri I Batang Angkola. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriftif dan hasil yang diperoleh merupakan hasil dari data deskriptif. Sumber data primer dan skunder. Sedangkan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian di atas peneliti berkesimpulan bahwa upaya guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri I Batang Angkola sudah baik, hal ini dilihat dari berbagai upaya yang dilakukan guru, seperti: mengadakan kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan materi, simulasi atau menceritakan kisah-kisah teladan yang berkaitan dengan materi, dengan melakukan pendekatan kepada siswa serta membentuk kebiasaan belajar yang baik. Kendala yang dihadapi guru adalah ketidak siapan siswa dalam menerima materi pelajaran, latar belakang pendidikan orangtua yang kurang dan siswa sendiri yang malas belajar khususnya belajar pendidikan agama islam dan upaya yang dilakukan guru dalam menanggulangi kendala yang dihadapi dengan mengadakan praktek sesuai dengan materi, memberikan angka/nilai serta memberikan tugas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Zulhammi, M.Ag.,M.Pd dan Dra. Rosimah Lubis, M.Pd
Keywords: Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 13 Apr 2020 03:36
Last Modified: 14 Jul 2020 02:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/376

Actions (login required)

View Item View Item