Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar matematika siswa menggunakan strategi Think Talk Write dengan pendekatan Realistic Mathematics Education di kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Angkola Timur

Harahap, Mas Juniarti (2017) Peningkatan hasil belajar matematika siswa menggunakan strategi Think Talk Write dengan pendekatan Realistic Mathematics Education di kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Angkola Timur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan strategi pembelajaran dari seorang pendidik merupakan hal yang sangat urgen, apalagi dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia , pendidikan yang kreatif dan unggul sudah harus dicanangkan sejak masih pendidikan dasar, terlebih dalam mata pelajaran matematika. Matematika merupakan ilmu yang diajarkan di sekolah ternyata tergolong dalam kategori ilmu yang sangat sulit untuk dipahami, hal ini disebabkan didalam pelajaran Matematika banyak terdapat materi yang berbentuk konkret maupun abstrak, sehingga banyak yang tidak bisa memahami materi dan berkesan kurang semangat dalam belajar sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu penyebabnya yaitu cara mengajar guru yang monoton menggunakan strategi pembelajaran yang tidak berubah-ubah, sehingga membuat siswa bosan dan menghambat pembelajaran sehingga pembelajaran tidak mencapai tujuan yang telah dirancang. Penelitian ini bertujuan meningkat hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi lingkaran dengan menggunakan strategi think talk write dengan pendekatan realistic mathematics education di kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Angkola Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasi) dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Angkola Timur tahun ajaran 2017 yang terdiri dari 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi think talk write dengan pendekatan realistic mathematics education mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Angkola Timur. Pada setiap siklus peningkatan hasil belajar matematika siswa terjadi pada keseluruhan , sehingga diperoleh hasil peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I pertemuan I dari 35% menjadi 45% siklus I pertemuan II dan pada siklus II pertemuan I dari 65% menjadi 80% siklus II pertemuan II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Think Talk Write, Realistic Mathematics Education; Lingkaran
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 28 Jul 2020 08:16
Last Modified: 28 Jul 2020 08:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3758

Actions (login required)

View Item View Item