Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh reinforcement terhadap motivasi belajar matematika siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Muara Sipongi

Khoirunnisa, Khoirunnisa (2017) Pengaruh reinforcement terhadap motivasi belajar matematika siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Muara Sipongi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0094.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya motivasi siswa dalam belajar Matematika, serta siswa kurang mendengarkan guru saat menjelaskan. Guru yang hanya fokus pada materi tanpa memperhatikan kondisi siswa. Dimana siswa merasa bosan dikarenakan gurunya yang menegangkan, sehingga siswa tidak berani bertanya kepada guru tentang materi yang belum dipahami. Solusi dalam permasalahan ini adalah dengan menerapkan salah satu keterampilan mengajar yaitu memberikan Reinforcement kepada siswa pada saat proses pembelajaran. Reinforcement yang diberikan merupakansuatu respon atau bentuk penghargaan, dengan penghargaan siswa akan merasa puas dalam mengerjakan suatu kegiatan dan akan mendorongnya melakukannya kembali Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara Reinforcement terhadap motivasi belajar Matematika siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Muara Sipongi. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan atau tidak antara Reinforcement terhadap motivasi belajar Matematika siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Muara Sipongi. Metode penelitian ini adalah penelitian ex post facto dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan angket, sedangkan analisis data dengan corelasi product moment, analisis persamaan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data, hubungan antara Reinforcement terhadap motivasi belajar Matematika diperoleh = > . Sumbangan variabel X terhadap variabel Y 24,4 % dan sisanya 75,6 % ditentukan oleh faktor lain. Adapun hasil perhitungan persamaan garis regresi diperoleh = + 0,587X, persamaan regresi X dan Y tersebut menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu skor X akan mengakibatkan 0,587 unit kenaikan Y. Selanjutnya Fhitung = 16,778 > Ftabel = 4,02 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X dan Y. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis diterima dalam arti terdapat pengaruh yang signifikan antara Reinforcement terhadap motivasi belajar Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Muara Sipongi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.H.Agus Salim Daulay, M.Ag dan Mariam Nasution M.Pd
Keywords: Reinforcement; Motivasi belajar Matematika
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 28 Jul 2020 08:05
Last Modified: 28 Jul 2020 08:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3757

Actions (login required)

View Item View Item